Produsen Listrik Swasta Dukung Rencana Kalbar Kembangkan PLTN

Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyambut positif rencana Kalimantan Barat yang ingin merealiasi pembangkit tenaga nuklir.
Ni Putu Eka Wiratmini | 22 Mei 2019 16:57 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyambut positif rencana Kalimantan Barat yang ingin merealiasikan pembangkit tenaga nuklir.

Direktur Eksekutif APLSI Rizal Calvary Marimbo mengatakan saat ini teknologi pengamanan reaktor sudah sangat tinggi dan canggih. Bahkan, pengamanan reaktor nuklir telah dikembangkan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

“Sudah pengembangan generasi ke-3, 4. Bahkan mencapai zero accident. Dari IPP (Independent Power Produser), tidak ada soal,” katanya, Rabu (22/5/2019).

Menurutnya, tidak masalah apabila Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dikembangkan. Apalagi, target bauran energi baru terbarukan (EBT) 23% pada 2025 cukup berat tantangannya.

Berdasarkan target bauran energi pada 2025, minyak bumi memiliki porsi 25%, batubara 30%, gas bumi 22%, serta EBT 23%. Selanjutnya pada 2050 ditargetkan minyak bumi 20%, batubara 25%, gas bumi 24%, serta EBT 23%.

Dengan target pada 2025 tersebut, artinya dibutuhkan 93 juta tons of oil equivalent (TOE) yang terdiri atas pembangkit listrik 41,7 giga watt (GW) dan 23 TOE berupa biodisel, biomassa, bioetanol, dan bioavtur.

Sementara itu, untuk pembangkit listrik, menaikkan dari 11 gigawatt (GW) menjadi 41,7 GW hanya dalam waktu 10 tahun perlu upaya revolusioner dan kerja ekstra untuk mewujudkannya. "Tentu ini bukan pekerjaan mudah,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan kajian rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) tersebut. Realisasi PLTN tersebut memang masih membutuhkan proses panjang, tetapi dia optimistis nantinya pembangkit yang dicita-citakan tersebut dapat segera terwujud.

Sutarmidji mengatakan setidaknya pemerintah Kalimantan Barat telah menyiapkan daerah-daerah mana yang cocok untuk dibangun PLTN. Ketika pemerintah pusat mewujudkan pembangunan PLTN, Kalimantan Barat ingin menjadi salah satu wilayah tempat dibangunnya pembangkit tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
listrik, nuklir, pltn

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top