Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Normalisasi Sungai Jadi Solusi Atasi Banjir di Medan

Tahun 1980an, Medan telah memiliki proyek pengembangan drainase yang dinamai Medan Urban Development Project (MUDP) yang telah membangun drainase/gorong-gorong yang cukup besar.
Kota Medan/pemkomedan.go.id
Kota Medan/pemkomedan.go.id

Bisnis.com, MEDAN--Pemerintah Kota Medan mengharapkan ke depan Kota Medan tak lagi dilanda banjir seiring dengan rencana normalisasi terhadap dua sungai utama yang ada di kota itu yakni Sungai Deli dan Sungai Babura.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Medan, Rabu, mengatakan, banyak permasalahan yang mendasar terhadap penyebab terjadinya banjir di Kota Medan terutama pada saat musim penghujan.

"Salah satunya, mengenai aliran drainase yang bertubrukan di ruas Jalan Sutomo yang akhirnya meluap dan menyebabkan banjir. Tentunya juga dengan dilakukannya normalisasi Sungai Deli dan Sungai Babura juga menjadi solusi dalam mengatasi banjir," katanya, Rabu (8/5/2019).

Dia menjelaskan bahwa sekitar tahun 1980an, di Kota Medan telah memiliki proyek pengembangan drainase yang dinamai Medan Urban Development Project (MUDP) yang telah membangun drainase/gorong-gorong yang cukup besar.

Namun, pada saat ini drainase tersebut tidak terlihat lagi sehingga tidak dapat dimanfaatkan, padahal drainase tersebut dibuat untuk dapat mengatasi genangan air terutama di sekitar Jalan Thamrin dan Jalan Asia.

“Saya harap proyek MUDP beberapa puluh tahun yang lalu dapat kita dimaksimalkan kembali, dengan melakukan kajian kembali terhadap cetak biru proyek tersebut, karena dengan dibangunnya drainase pada proyek MUDP tersebut dapat mengatasi banjir terutama di Jalan Thamrin dan Asia," jelasnya.

Dia mengajak seluruh pemangku kepentingan agar dapat bekerja sama dalam mengatasi masalah banjir di Medan, agar ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara itu tidak akan mengalami banjir lagi ke depannya.

"Di sini kita tidak usah mencari siapa yang salah tetapi mari sama-sama kita mengatasi masalah banjir ini bersama agar banjir yang ada di Kota Medan ini dapat segera teratasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper