Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jadwal KA Bandara Yogyakarta International Airport, Harga Tiket Masih Promo

Bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) yang berlokasi di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memang terasa cukup jauh dari Kota Yogyakarta.
Ilustrasi - Sejumlah pekerja sedang merampungkan pengerjaan Bandara Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, Rabu (24/4/2019)./Bisnis-Sri Mas Sari
Ilustrasi - Sejumlah pekerja sedang merampungkan pengerjaan Bandara Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, Rabu (24/4/2019)./Bisnis-Sri Mas Sari

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) yang berlokasi di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memang terasa cukup jauh dari Kota Yogyakarta.

 

Namun jangan khawatir, karena ada sejumlah moda transportasi yang siap mengantarkan calon penumpang ke bandara baru, yang konon dibangun dengan menelan dana hingga Rp10,5 triliun tersebut.

 

Berdasarkan informasi dari PT Angkasa Pura I (Persero), Selasa (7/5/2019), perjalanan ke YIA bisa ditempuh dengan menggunakan moda kereta bernama KA Bandara YIA.

 

Hingga saat ini, PT KAI masih mengenakan tarif promo untuk KA Bandara YIA yaitu sebesar Rp15.000 per orang. Harga ini belum termasuk tiket shuttle minibus dari Stasiun Wojo ke YIA. Adapun, penjualan tiket KA Bandara YIA masih dilakukan secara go show mulai 3 jam sebelum keberangkatan.

 

KA Bandara YIA bisa kita dapati di sejumlah stasiun yaitu Stasiun Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo. Sebagai catatan, pemberhentian terakhir KA Bandara YIA dari berbagai stasiun berada di Stasiun Wojo, bukan di YIA. Ini lantaran KA Bandara YIA belum dapat menjangkau sampai ke terminal bandara.

 

Oleh karena itu, peran Stasiun Wojo menjadi kian strategis semenjak hadirnya bandara baru tersebut. Dari sebelumnya berstatus bukan stasiun apa-apa, kini berubah menjadi stasiun penghubung (hub) yang sangat strategis.

 

Dari Stasiun Wojo, calon penumpang pesawat yang hendak melanjutkan perjalanan ke YIA bisa memilih sejumlah moda transportasi seperti Bus Damri dan kereta api reguler seperti KA Solo Ekspress serta KA Prameks alias Prambanan Express.

 

Sejumlah moda transportasi lain seperti minibus yang dikelola oleh pihak ketiga di Stasiun Wojo juga mulai tersedia mengantarkan penumpang ke Bandara YIA.

 

Perjalanan menggunakan Damri dari Stasiun Wojo ke YIA hanya sekitar 10—15 menit, sedangkan bila dengan Prameks sekitar 10 menit. Adapun, jarak dari Stasiun Wojo ke YIA sekitar 4,7 km.

 

Berikut ini adalah jadwal keberangkatan KA Bandara YIA dari berbagai stasiun, dengan pemberhentian terakhir di Stasiun Wojo.

 

-          Dari Stasiun Maguwo KA berangkat pukul 10.40 WIB dengan estimasi perjalanan sekitar 60 menit menuju Stasiun Wojo. KA Bandara akan datang lagi ke Stasiun Maguwo pukul 14.55 WIB.

 

-          Dari Stasiun Tugu Yogyakarta KA datang pukul 10.49 WIB dan berangkat pukul 10.52 WIB, dengan estimasi perjalanan sekitar 45 menit ke Stasiun Wojo. KA akan datang lagi ke Stasiun Tugu pada pukul 14.43 WIB dan kembali berangkat ke Stasiun Wojo pukul 14.46 WIB.

 

-          Dari Stasiun Wates, KA datang pukul 11.13 WIB dan berangkat pukul 11.15 WIB, dengan estimasi perjalanan kurang dari 30 menit ke Stasiun Wojo. KA akan datang lagi ke Stasiun Wates pada pukul 14.15 dan kembali diberangkatkan ke Stasiun Wojo pada pukul 14.17 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper