Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Membandingkan Kenyamanan Tol Trans-Sumatra & Lintas Sumatra

Sebagian ruas tol Trans-Sumatra memang masih dalam pengerjaan dan baru akan beroperasi secara fungsional pada masa mudik lebaran.
Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019
Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019 - Bisnis.com 03 Mei 2019  |  21:35 WIB
Salah satu ruas jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang di Bandar Jaya, Lampung Tengah, Rabu (1/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Salah satu ruas jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang di Bandar Jaya, Lampung Tengah, Rabu (1/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, OGAN KOMERING ILIR - Sebagian ruas tol Trans-Sumatra memang masih dalam pengerjaan dan baru akan beroperasi secara fungsional pada masa mudik lebaran. Namun, kenyamanannya jauh di atas jalan lintas Sumatra alias jalan nasional (reguler).

Tim Jelajah Infrastruktur menjajal dua ruas tol yang akan beroperasi secara fungsional, yakni Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Pematang Panggang-Kayu Agung. Sementara itu, dari Kayu Agung ke Indralaya dan sebaliknya, Tim Jelajah Infrastruktur menggunakan jalan lintas Sumatra.

Meskipun masih harus melewati beberapa titik yang masih dalam pengerjaan, laju kendaraan Tim Jelajah Infrastruktur tergolong lancar. Kendaraan dapat melaju secara konstan antara 50 km/jam dan 60 km/jam.

Pengalaman berbeda didapatkan dari jalan lintas Sumatra. Jalur 'klasik' yang menghubungkan Sumatra dari Selatan ke Utara ini tidak senyaman tol Trans-Sumatra, sekalipun ruas yang baru akan beroperasi secara fungsional.

Sejumlah titik pada jalan lintas Sumatra rusak cukup parah. Kendaraan pun tidak bisa dipacu dan terpaksa berjalan lambat. Selain itu, arus lalu lintasnya pun sangat padat. Padahal, masa mudik lebaran belum dimulai.

Truk-truk besar mendominasi jalan lintas Sumatra yang Tim Jelajah Infrastruktur, termasuk truk-truk yang terindikasi kelebihan dimensi dan muatal (overdimension overload/ODOL). Oleh karena itu, bagi para pengendara yang melintasi jalan Trans Sumatra, diharapkan untuk selalu waspada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

trans sumatra Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Sumber : jelajah sumatra

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top