Jonan Tugaskan PLN Siapkan 600 Stasiun Pengisian Listrik di Jabodetabek

ESDM sudah menugaskan Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun stasiun pengisian listrik umum (SPLU) menjadi 2.000 SPLU di seluruh Jabodetabek.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 22 April 2019  |  19:15 WIB
Jonan Tugaskan PLN Siapkan 600 Stasiun Pengisian Listrik di Jabodetabek
Pengemudi mengisi daya taksi listrik Bluebird di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Senin (22/4/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menugaskan Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun stasiun pengisian listrik umum (SPLU) menjadi 2.000 SPLU di seluruh Jabodetabek.


Menteri ESDM Ignatius Jonan mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menyiapkan SPLU di wilayah Jabodetabek guna mengakomodir angkutan umum maupun pribadi yang menggunakan bahan bakar listrik.


Hal ini diungkapkannya saat memberikan sambutan dalam peluncuran taksi bertenaga listrik pertama di Indonesia oleh PT Blue Bird Tbk. (BIRD).


"Pemerintah agak malu karena kita buat peraturan presiden [Perpres] setahun baru jadi, ini langsung jadi mobilnya. Ini yang konkret saja SPLU PLN itu akan diperbanyak, akan ada 600 tambahan tahun ini. Ada 2.000 di Jabodetabek," katanya, Senin (22/4/2019).


Menurutnya, fasilitas fast charging akan berada di di fasilitas SPLU PLN untuk kebutuhan 40 KV bisa 20 menit.


"Ini kan [menurut] PLN, pengguna kendaraan listrik dari jam 12 ada diskon 30% mobil mahal tapi biayanya mahal. Harga Rp1.467 per kWh diskon 30% jadi Rp1.000 per kWh kalau Rp1.000 per kWh bahan bakarnya lebih murah 50%--40% daripada menggunakan Premium," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik, PLN, esdm, Blue Bird

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top