Presiden Arahkan APBN 2020 Fokus ke Penguatan SDM dan Perlindungan Sosial

Komitmen pemerintah berupaya menggeser fokus dari sebelumnya pembangunan infrastruktur ke pembangunan SDM pada tahun ini dan tahun mendatang.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 22 April 2019  |  11:31 WIB
Presiden Arahkan APBN 2020 Fokus ke Penguatan SDM dan Perlindungan Sosial
Presiden Joko Widodo tiba untuk memimpin rapat terbatas. - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menegaskan prioritas pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2020 akan diarahkan pada penguatan sumber daya manusia (SDM) dan perlindungan sosial.

Pernyataan Presiden Jokowi tersebut menyambung atas komitmen pemerintah yang berupaya menggeser fokus dari sebelumnya pembangunan infrastruktur ke pembangunan SDM pada tahun ini dan tahun mendatang.

Selain membahas mengenai arah pembangunan pada 2020, dia menegaskan bahwa pemerintah harus mewaspadai tekanan perekonomian global.

"Kita harus mengantisipasi dinamika perekonomian dunia yang terus berubah secara dinamis dan terus bergerak dan kuncinya peningkatan daya tahan serta data saing ekonomi kita," katanya saat membuka rapat terbatas Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif pada 2020 di Kantor Presiden, Senin (22/4/2019).

Dalam hal ini, Jokowi kembali menekankan prioritas tersebut harus mengacu pada peningkatan ekspor dan investasi.

Oleh karena itu, Jokowi menambahkan RAPBN 2020 harus mampu memberikan stimulus bagi peningkatan ekspor dan investasi, serta menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, rata, dan berkeadilan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, anggaran, apbn

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top