Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LMAN Bayar Pembebasan Lahan Proyek Bendungan Rp2,18 Triliun

Hingga minggu kedua April 2019, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah membayar biaya pembebasan lahan proyek bendungan tahun anggaran 2017 dan tahun anggaran 2018 senilai Rp2,177 triliun.
Proyek pembangunan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (4/1/2019)./Bisnis-Amanda Kusumawardhani
Proyek pembangunan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (4/1/2019)./Bisnis-Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA-- Hingga minggu kedua April 2019, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah membayar biaya pembebasan lahan proyek bendungan tahun anggaran 2017 dan tahun anggaran 2018 senilai Rp2,177 triliun.

Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rahayu Puspasari mengatakan bahwa realisasi pembayaran tersebut berupa pembayaran langsung dan dana talangan tanah yang ditanggung terlebih dahulu oleh kontraktor.

"LMAN sudah membayar Rp2,177 triliun dari yang ditagihkan saat ini mencapai Rp2,190 triliun," kata Rahayu kepada Bisnis.com, belum lama ini.

Adapun sisa yang ditagihkan dan tengah diproses oleh LMAN mencapai Rp2,177 juta yang merupakan skema pembayaran langsung.

Sementara itu, apabila dirinci, LMAN tertagih Rp2,132 triliun pada Tahun Anggaran 2017, sementara realisasinya sejumlah Rp2,119 triliun. Adapun pada Tahun Anggaran 2018 tagihan sebesar Rp0,058 triliun dengan pembayaran pembebasan lahan bendungan sejumlah Rp0,058 triliun.

Sebagai informasi, Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019, Kementerian PUPR akan menyelesaikan target pembangunan 65  bendungan yang terdiri atas 49 bendungan baru dan 16 bendungan lanjutan.

Jika diperinci lebih lanjut, progres dari target 9 bendungan baru itu adalah 8 bendungan sudah selesai dibangun, 32 masih dalam proses pengerjaan dan 9 baru direncanakan. Sementara itu, dari 16 bendungan lanjutan progresnya adalah 9 sudah selesai dibangun dan 7 masih dalam proses.

Bendungan yang telah rampung meliputi Bendungan Rajui (Aceh), Jatigede (Jawa Barat), Bajulmati (Jawa Timur), Nipah (Jawa Timur), Titab (Bali), Paya Seunara (Aceh), dan Teritip (Kalimantan Timur). Selanjutnya Bendungan Raknamo (NTT), Tanju (NTB), Mila (NTT), Rotiklod (NTT), Logung (Jateng), Sei Gong (Kepri), dan Sindangheula (Banten).

Sementara itu, Pada 15 bendungan baru yang akan selesai tahun ini yaitu Bendungan Gongseng, Karalloe, Tapin, Passeloreng, Bintang Bano, Way Sekampung, dan Ladongi. Kemudian Bendungan Napun Gete, Ciawi, Sukamahi, Karian, Keureuto, Gondang, Marangkayu, dan Kuningan.

Adapun 10 bendungan yang akan dibangun tahun ini yakni  Bendungan Jenelata, Pelosika, Jragung, Digoel, Tiro, Mbay, Budong-Budong, Ameroro, Tiu Suntuk dan Bulango Ulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper