Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

LMAN Bayar Pembebasan Lahan Proyek Bendungan Rp2,18 Triliun

Hingga minggu kedua April 2019, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah membayar biaya pembebasan lahan proyek bendungan tahun anggaran 2017 dan tahun anggaran 2018 senilai Rp2,177 triliun.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 15 April 2019  |  10:59 WIB
LMAN Bayar Pembebasan Lahan Proyek Bendungan Rp2,18 Triliun
Proyek pembangunan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (4/1/2019). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Hingga minggu kedua April 2019, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah membayar biaya pembebasan lahan proyek bendungan tahun anggaran 2017 dan tahun anggaran 2018 senilai Rp2,177 triliun.

Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rahayu Puspasari mengatakan bahwa realisasi pembayaran tersebut berupa pembayaran langsung dan dana talangan tanah yang ditanggung terlebih dahulu oleh kontraktor.

"LMAN sudah membayar Rp2,177 triliun dari yang ditagihkan saat ini mencapai Rp2,190 triliun," kata Rahayu kepada Bisnis.com, belum lama ini.

Adapun sisa yang ditagihkan dan tengah diproses oleh LMAN mencapai Rp2,177 juta yang merupakan skema pembayaran langsung.

Sementara itu, apabila dirinci, LMAN tertagih Rp2,132 triliun pada Tahun Anggaran 2017, sementara realisasinya sejumlah Rp2,119 triliun. Adapun pada Tahun Anggaran 2018 tagihan sebesar Rp0,058 triliun dengan pembayaran pembebasan lahan bendungan sejumlah Rp0,058 triliun.

Sebagai informasi, Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019, Kementerian PUPR akan menyelesaikan target pembangunan 65  bendungan yang terdiri atas 49 bendungan baru dan 16 bendungan lanjutan.

Jika diperinci lebih lanjut, progres dari target 9 bendungan baru itu adalah 8 bendungan sudah selesai dibangun, 32 masih dalam proses pengerjaan dan 9 baru direncanakan. Sementara itu, dari 16 bendungan lanjutan progresnya adalah 9 sudah selesai dibangun dan 7 masih dalam proses.

Bendungan yang telah rampung meliputi Bendungan Rajui (Aceh), Jatigede (Jawa Barat), Bajulmati (Jawa Timur), Nipah (Jawa Timur), Titab (Bali), Paya Seunara (Aceh), dan Teritip (Kalimantan Timur). Selanjutnya Bendungan Raknamo (NTT), Tanju (NTB), Mila (NTT), Rotiklod (NTT), Logung (Jateng), Sei Gong (Kepri), dan Sindangheula (Banten).

Sementara itu, Pada 15 bendungan baru yang akan selesai tahun ini yaitu Bendungan Gongseng, Karalloe, Tapin, Passeloreng, Bintang Bano, Way Sekampung, dan Ladongi. Kemudian Bendungan Napun Gete, Ciawi, Sukamahi, Karian, Keureuto, Gondang, Marangkayu, dan Kuningan.

Adapun 10 bendungan yang akan dibangun tahun ini yakni  Bendungan Jenelata, Pelosika, Jragung, Digoel, Tiro, Mbay, Budong-Budong, Ameroro, Tiu Suntuk dan Bulango Ulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LMAN
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top