Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIRUT GARUDA : Semoga Ada Bonus & Kenaikan Gaji Tahun Ini

Sejak ditetapkan sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. pada September 2018, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra melakukan sejumlah langkah strategis untuk memperbaiki kinerja perusahaan.
Ari Askhara./JIBI-Feri Kristianto
Ari Askhara./JIBI-Feri Kristianto

Memperbaiki Komunikasi dengan Semua Pihak

Apa pesan pemegang saham saat memilih Anda memimpin Garuda?

Pertama, pada waktu pertama kali pemegang saham meminta saya untuk memperbaiki kinerja keuangan. Kedua, memperbaiki hubungan manajemen dengan karyawan. Ketiga, untuk tetap menjaga Garuda sebagai maskapai kelas regional dan global. Cuma yang pasti, yang paling berat penekanannya adalah perbaikan performa finansial.

Dalam jangka pendek, apa yang menjadi fokus Anda dalam memimpin Garuda?

Kemarin ketika saya datang, dan kami membentuk tim direksi yang baru, yang paling kami jaga adalah untuk membuat hubungan dengan karyawan dan serikat pekerja kembali baik lagi. Itu yang pertama. Kadang orang melihat harus keuangan dulu. Yang selalu saya tekankan pertama kali ialah bagaimana berkomunikasi dengan karyawan. Karena waktu saya masuk ke sini, kondisi mental karyawan agak turun.

Dalam mengembangkan mesin perubahan untuk perusahaan, itu memang harus pertama kali yang diubah atau diajak komunikasi adalah manusianya. Saya bersyukur karena perbaikan itu tercipta dalam jangka waktu yang sangat cepat, sekitar 1—2 bulan. Dan itu menyebabkan perubahan di Garuda dengan cepat.

Jadi bukan karena direksi atau saya selaku dirut tetapi karena kita berkomunikasi dengan karyawan. Dan karyawan yang melakukan perubahan itu. Tidak mungkin direksi bisa melakukan perubahan jika bukan karyawan yang melaksanakannya secara serentak.

Berarti sekarang sudah satu visi?

Kami sedang menuju satu visi, dan komunikasi internal saat ini sedang berlangsung baik. Lagi mesra-mesranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper