Penurunan Biaya Logistik Pelabuhan Batuampar: Wapres Jusuf Kalla Targetkan Rampung Pasca Pemilu

Pemerintah menargetkan tarif kargo dari Batam ke Singapura akan setara dengan Tanjung Priok paling lambat setelah Pemilu 17 April mendatang.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 03 April 2019  |  16:02 WIB
Penurunan Biaya Logistik Pelabuhan Batuampar: Wapres Jusuf Kalla Targetkan Rampung Pasca Pemilu
Pelabuhan Singapura - Reuters/Edgar Su
 
Bisnis.com, BATAM -- Pemerintah menargetkan tarif kargo dari Batam ke Singapura akan setara dengan Tanjung Priok paling lambat setelah Pemilu 17 April mendatang. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan dirinya telah mendengarkan paparan dari Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Guberbur Kepuluan Riau, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) hingga Walikota Batam. 

"Kami ingin meyakinkan bahwa efisiensi di Pelabuhan Batu Ampar ini bisa segera jalan, sehingga tidak akan lebih mahal dibandingkan dengan pelabuhan-pelabuhan yang lain dan kota lain," kata Jusuf Kalla di Batam, Selasa (2/4/2019). 

Jusuf Kalla (JK) menyebutkan saat ini Pelabuhan Batu Ampar masih sangat konvensional. Dengan moderenisasi peralatan, maka diyakini akan mrmbuat biaya ekspedisi menjadi lebih murah. 

"[Sekarang di Pelabuhan Batuampar] Banyak biaya-biaya yang tidak perlu contohnya karena pelabuhan kita boleh dibilang masih kira-kira situasi seperti 20 tahun - 30 tahun lalu. Cranenya masih crane biasa saja. Masih ada gudang-gudang yang tidak dipergunakan lagi. Juga biaya kontainer yang masih harus diperiksa di Singapura. Sekarang kita minta diperiksa di Batam saja. jadi semua menghemat," kata Jusuf Kalla.

Keluhan biaya pengiriman kontainer dari Pelabuhan Batu Ampar terus diterima oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla semenjak peresmian ekspor perdana produk Pegatron ke Amerikas Serikat.

Waktu itu, Bidin Yusuf, Direktur Sat Nusa Persada (PTSN) menyebutkan pihaknya mendapatkan komitmen dari Pegatron untuk meningkatkan investasi. Akan tetapi perusahaan dari Taiwan itu meminta syarat penurunan biaya pengiriman yang lebih bersaing. 

Dia menyebutkan saat ini biaya pengiriman kontainer dari Batam ke Singapura ukuran 20 feet sebesar US$470 dengan waktu tempuh 3 jam. 

Sementara itu, untuk pengiriman yang sama dari Jakarta-Singapura dengan waktu tempuh 3 hari hanya US$250.

"Menurut Pegatron Bagaimana kami mau investasi kalau [logistik pengiriman] mahal. Mereka [pegatron] menjanjikan membuka kesempatan 200.000 lapangan kerja [jika logistik bersaing]," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
batam, kargo

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top