Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perumnas Siapkan Hunian Untuk Aparat Negara di Parung Panjang

Perumnas selaku pemain utama BUMN dalam penyediaan rumah, kembali menyiapkan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).
/Perumnas
/Perumnas

Bisnis.com, JAKARTA – Perumnas selaku pemain utama BUMN dalam penyediaan rumah, kembali menyiapkan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Anna Kunti selaku Direktur Pemasaran Perum Perumnas menyebutkan, Perumnas sebelumnya sudah bekerja sama dengan ASN BPK untuk penyediaan perumahan yang sama. Kerja sama ini pun bergulir kembali dengan ASN di instansi lainnya yaitu dengan Kementerian Koperasi dan UKM melalui penyediaan rumah di Parung Panjang, Bogor.

“Kerja sama ini lahir sebagai wujud peningkatan kesejahteraan dalam memiliki hunian. Penyediaan rumah ini tentu akan memfasilitasi ASN untuk memiliki hunian yang terjangkau. Kebutuhan akan perumahan yang cukup tinggi di kalangan ASN ini menggerakkan Perumnas untuk hadir memenuhi kebutuhan perumahan tersebut,” tutur Anna.

Untuk tahapan awal, kerja sama tersebut akan menitikberatkan pada proyek Perumnas di area Parung Panjang, Kabupaten Bogor, yang kemudian akan dilanjutkan secara nasional. Hal ini bersandar pada keinginan awal para ASN Kemenkop dan UKM untuk memiliki rumah tapak dan juga dekat dengan stasiun transportasi.

Ada sekitar 212 hektare lahan di area Perumnas Parung Panjang yang sudah dan tengah dikembangkan yang dibagi menjadi empat sektor, dengan total hunian sekitar 10,800 unit sudah terbangun. Saat ini, pengembangan terbaru adalah sektor 5 dengan total sekitar 8,600 unit hunian akan terbangun, dengan komposisi adalah subsidi dan nonsubsidi.

“Perumnas juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan PT KAI untuk rencana penambahan stasiun kereta api baru sehingga diharapkan bisa menjadi fasilitas transportasi umum yang mendukung penghuni perumahan yang berada tepat di depan sektor 5 yang dinamai Perumnas Parayasa ini,” tambah Anna.

Dalam kerja sama pengembangan kali ini, Perumnas menawarkan beberapa tipe rumah yang akan dibangun nantinya, di mana diprediksi sekitar 300 hingga 500 unit hunian siap terserap oleh market ASN Kementerian Koperasi dan UKM. Terdapat tiga tipe, yaitu tipe 27/72, tipe 36/72 dan tipe 45/96.

Dalam kerjasama itu, BNI ditunjuk menjadi bank penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau BNI Griya bagi para ASN ini. BNI merupakan partner Kementerian Koperasi dan UKM selama ini di sisi system payroll, sehingga Perumnas menilai dapat mempermudah di proses administrasi KPR dengan perbankan.

Selain itu, ASN Kementerian Koperasi dan UKM juga dibebaskan dari biaya administrasi dan biaya appraisal. Keringanan uang muka 0% ini pun juga dapat diperoleh para ASN Kementerian Koperasi dan UKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper