Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerangan Jalan Tenaga Surya Jangkau 200 Titik di 2 Kabupaten Papua Barate

Penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) kini sudah menjangkau 200 titik di wilayah Kabupaten Sorong dan Kabupaten Tabrauw, Papua Barat. Masing-masing kabupaten menerima sebanyak 100 unit PJU-TS yang dibangun oleh Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)/Antara
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) kini sudah menjangkau 200 titik di wilayah Kabupaten Sorong dan Kabupaten Tabrauw, Papua Barat. Masing-masing kabupaten menerima sebanyak 100 unit PJU-TS yang dibangun oleh Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Direktur Pengendalian Pengadaan SKK Migas Tunggal yang mewakili Menteri ESDM dalam menyerahkan PJU-TS tersebut mengatakan kegiatan tersebut dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Oleh karena itu, fokusnya tujuan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Kementerian ESDM berkomitmen untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat secara langsung, salah satunya yakni PJU-TS. Sumber daya alam tenaga surya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, khususnya sinar matahari yang dikonversi menjadi tenaga listrik. Mudah-mudahan dengan adanya ini kampung-kampung yang gelap kini bisa menjalankan aktivitas di malam hari," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (17/3/2019).

Tunggal menambahkan hingga 2018, pemerintah telah membangun 21.839 unit PJU-TS yang tersebar di 26 provinsi dan 167 kabupaten/kota di Indonesia. Pembangunan tersebut akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan dan permintaan setiap daerah.

Sementara itu, Samsudin, salah satu penerima manfaat, mengungkapkan PJU-TS sangat dinanti-nantikan warga Sorong Selatan dan Tambrauw. Dia menuturkan lampu tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat di malam hingga pagi hari.

"Dulu takut kalau mau keluar malam. Tapi alhamdulillah sekarang ada lampu jalan, jadi bisa beraktivitas di malam hari," kata Samsudin.

Dia pun berharap dengan hadirnya lampu PJU-TS ini dapat membangkitkan lagi aktivitas ekonomi masyarakat, terutama kegiatan jual beli di pasar ketika menjelang pagi.

Dia pun akan mengusulkan pengadaan tambahan lampu PJU-TS untuk penerangan jalan sepanjang 12 kilometer yang sedang dibangun dan ditargetkan selesai tahun ini. "Kita lagi bangun dua jalur jalan yang mudah-mudahan 2019 selesai dan 2020 bisa disediakan lampu," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper