Tarif Tol Manado Bitung Rp900/Km

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung mengatakan, pengendara hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp40.000 ketika melintasi tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer atau Rp900 per kilometer.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  17:52 WIB
Tarif Tol Manado Bitung Rp900/Km
Pembangunan jalan tol Manado - Bitung. Gambar diambil pada Rabu (10/10/2018). - Istimewa/PT Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung mengatakan, pengendara hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp40.000 ketika melintasi tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer atau Rp900 per kilometer.

"Setiap kilometer besaran biaya yang akan dibayarkan pengendara sebesar Rp900," kata Manurung seperti dikutip  Antara di Manado, Selasa (26/2/2019).

Manurung menjelaskan, besaran tarif yang dibayar disesuaikan dengan panjang lintasan yang dilalui ketika keluar pintu tol.

Contohnya, apabila pengendara keluar pintu tol di simpang susun Airmadidi (kira-kira 11 kilometer), maka besaran tarifnya menggunakan perhitungan 11 kilometer dikalikan harga tarif tol per kilometer yakni hampir Rp10.000.

Ia menambahkan, manakala pengendara menggunakan tol yang melintasi tiga kota/kabupaten yakni Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung, waktu yang dapat diefisiensikan hingga 40-50 menit.

Saat ini dengan kondisi lalu lintas yang menggunakan ruas jalan nasional, waktu tempuh Manado-Bitung berkisar 90 menit.

"Saat ini trafik di jalan nasional cukup padat dan macet, kemacetan semakin bertambah ketika kendaraan dengan tonasi berat dan panjang melintasi ruas jalan itu," ujarnya.

Tak hanya efisien, dibangunnya jalan tol yang akan dioperasikan pada triwulan awal 2020 itu akan membuka kawasan permukiman baru serta menopang perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tol manado-bitung

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top