Naik Kereta, Indonesia Promosi Wisata di Korea Selatan

Dalam kegiatan Asean Train, 200 peserta yang berasal dari negara-negara anggota Asean akan mengunjungi empat kota di Korea Selatan yaitu Seoul, Busan, Gwengju, dan daerah perbatasan Korea dengan menggunakan kereta.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  10:58 WIB
Naik Kereta, Indonesia Promosi Wisata di Korea Selatan
Turis menggunakan Hanbok, busana tradisional Korea, berfoto dengan penjaga yang menggunakan busana tradisional saat pergantian penjaga istana (royal guards) di Istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan pada Senin (11/2/2019) - REUTERS/Kim Hong/Ji

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia akan memanfaatkan gelaran Asean Train sebagai salah satu ajang promosi produk asal Indonesia.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda mengatakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan mendukung Asean-Korea Centre (AKC) dengan berpartisipasi dalam kegiatan Asean Train. 

Menurutnya kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati 30 tahun kerja sama kemitraan Asean-Republic of Korea (ROK) Commemorative Summit dan 10 tahun berdirinya AKC di Korea Selatan pada 30 September—4 Oktober 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan pemerintah Korea Selatan ini sebagai upaya untuk memperkenalkan budaya dan kreativitas negara anggota Asean kepada masyarakat Korea Selatan.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta kedekatan antara masyarakat kedua negara yang nantinya berpengaruh kepada sektor pariwisata, investasi, dan perdagangan Indonesia," ujarnya seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa (26/2/2019).

Pemerintah Korea Selatan menunjuk AKC sebagai pihak penyelenggara Asean Train. Persiapan kegiatan ini dibahas dalam Pertemuan Tahunan Direksi Dewan AKC ke-11 pada 18—19 Februari 2019 di Seoul, Korea Selatan.

Sementara itu Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan mengatakan, Kemendag  akan berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Ekonomi Kreatif, dan kementerian lain yang terkait untuk melakukan persiapan mengikuti Asean Train. 

Adapun, dalam kegiatan Asean Train, 200 peserta yang berasal dari negara-negara anggota Asean akan mengunjungi empat kota di Korea Selatan yaitu Seoul, Busan, Gwengju, dan daerah perbatasan Korea dengan menggunakan kereta. 

Di setiap kota, para peserta akan mempersembahkan pertunjukan dan pameran kebudayaan negaranya masing-masing. Dengan begitu, akan lebih banyak masyarakat Korea Selatan yang mengenal budaya negara-negara Asean.

AKC merupakan organisasi internasional hasil kerja sama Korea Selatan dengan Asean yang telah berdiri sejak tahun 2008. 

Tujuan dari organisasi ini adalah untuk mempromosikan perdagangan, investasi, pariwisata, dan program hubungan antarmasyarakat Korea Selatan dengan negara anggota Asean. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, kementerian perdagangan

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup