Ruang Kerja Fleksibel, Bikin Hidup Lebih Berkualitas

Kebiasaan bekerja di dalam ruangan yang itu-itu saja sudah mulai ditinggalkan. Kini, tren sudah beralih pada ruang kerja yang fleksibel, didukung dan didorong oleh inovasi teknologi. Seperti broadband super cepat, ponsel pintar, dan laptop, kini orang bisa bekerja di mana pun mereka mau.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  14:57 WIB

Kebiasaan bekerja di dalam ruangan yang itu-itu saja sudah mulai ditinggalkan. Kini, tren sudah beralih pada ruang kerja yang fleksibel, didukung dan didorong oleh inovasi teknologi. Seperti broadband super cepat, ponsel pintar, dan laptop, kini orang bisa bekerja di mana pun mereka mau.

Maraknya kerja fleksibel juga telah mengubah tatanan yang berlaku di masyarakat. Mulai dari cara menyusun jadwal kegiatan, hingga cara bekerja dan memilih lokasi tempat tinggal.

Dengan mendorong revolusi ruang kerja dan mengembangkan lokasi baru untuk bekerja, penyedia ruang kerja fleksibel seperti Regus telah menciptakan pedoman baru bahwa tinggal di kota besar kini bukan lagi suatu keharusan, namun hanyalah sebuah pilihan. Perubahan kecil dalam cara hidup dan bekerja ini berpotensi membuat karyawan lebih bahagia dan mendorong produktivitas ekonomi secara keseluruhan.

Banyak manfaat yang didapatkan dari bekerja di ruang kerja fleksibel. Misalnya saja, memudahkan orang-orang untuk memilih tempat kerja yang lebih dekat dengan rumah, atau bekerja pada saat bepergian. Tak hanya itu, adanya ruang seperti ini membuat orang lebih yakin untuk pindah dari kota besar.

Oleh karena itu, pada tahun 2030, diperkirakan tidak kurang dari 13% pekerja di negara-negara paling maju akan memanfaatkan ruang kerja fleksibel, angka yang tentu saja signifikan dalam ekonomi global yang terus berkembang.

Lantas, bagaimana sebenarnya manfaat bekerja di ruang kerja fleksibel? Berikut menurut Regus:

Meningkatkan Kebahagiaan Pekerja

Dengan adanya ruang kerja fleksibel, studi menunjukkan bahwa para pekerja fleksibel atau pekerja jarak jauh cenderung memiliki tingkat kebahagiaan dan kepuasan kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja lainnya.

Alasannya sudah jelas. Pertama, ruang kerja fleksibel membuat hidup penggunanya lebih nyaman dengan memberikan kebebasan untuk memilih tempat kerja sesuai keinginan, jarak tempuh yang lebih pendek ke tempat kerja, serta pilihan lingkungan kerja yang lebih beragam.

Kedua, dengan adanya ruang kerja fleksibel ini, orang-orang tidak perlu lagi dipusingkan dengan tingginya biaya hidup di perkotaan dan dapat beralih ke lokasi yang lebih lapang serta terjangkau. Kedua faktor ini tentu dapat meningkatkan kualitas hidup pengguna ruang kerja fleksibel. 

Meningkatkan Produktivitas dan Ekonomi 

Berdasarkan survei Regus baru-baru ini, 91% responden setuju bahwa ruang kerja fleksibel mampu meningkatkan produktivitas karyawan. Karena peningkatan produktivitas berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, secara logis ruang kerja fleksibel akan memperkuat ekonomi bukan hanya di perkotaan, tetapi juga di mana pun ruang kerja itu berada.

Pemerataan Ekonomi dan Pembangunan

Kerja fleksibel juga berpotensi mengurangi dominasi pusat-pusat bisnis di kota besar dan mengalirkan keuntungan ke kota-kota yang lebih kecil. Selain itu, karena orang-orang mulai berpindah dari kota besar, bisnis dan permintaan akan tersebar lebih merata ke seluruh negeri, sehingga dapat meningkatkan perekonomian lokal maupun nasional.

Dengan ribuan lokasi, Regus sebagai penyedia jasa ruang kerja fleksibel dapat memudahkan pengguna di seluruh negeri untuk memilih lokasi mulai dari pinggiran kota, kota yang baru, atau sekadar lokasi berbeda di kota yang sama. Jaringan ruang kerja Regus juga dapat membantu bisnis beroperasi di mana saja di seluruh dunia tanpa biaya persiapan yang tinggi. Jadi, masih ragu untuk bergabung dengan komunitas global di regus.co.id?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ruang kantor, regus

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top