Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Sambut Bulan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional Dengan Berbagai Kegiatan Menarik

Pada dasarnya setiap pekerjaan selalu terdapat potensi bahaya yang mengancam manusia, mahluk hidup lainnya serta aset-aset yang ada disekitar kita.
MediaDigital | 04 Februari 2019 17:05 WIB

Semarang, 4 Februari 2019 - Pada dasarnya setiap pekerjaan selalu terdapat potensi bahaya yang mengancam manusia, mahluk hidup lainnya serta aset-aset yang ada disekitar kita. Hal tersebut merupakan perbuatan atau kondisi tidak aman yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja. Oleh karena itu, perusahaan memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat pada pekerjaan tersebut tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu, karena kesehatan dan keselamatan kerja sangat penting bagi perusahaan dan tentunya bagi para pekerja.

Bahwa sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan menyambut Bulan K3 Nasional, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang berinisiasi untuk mengadakan berbagai rangkaian kegiatan dalam bentuk apel, sosialisasi, kegiatan sosial, dan pameran foto edukasi.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Apel Bulan K3 Nasional pada tanggal 28 Januari 2019 di halaman kantor PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang dihadiri oleh seluruh pegawai AP 1 dan para stakeholder, dimana setelah pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen Penerapan K3 di lingkungan Bandara Jenderal Ahmad Yani oleh AP 1 dan seluruh stakeholder yang terkait dengan operasional bandara dengan tujuan untuk berkomitmen dan menyamakan visi terkait peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, kemudian dilanjutkan dengan Praktik Simulasi Penanggulangan Kebakaran yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing departemen pada PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani dan stakeholder yang dipandu oleh tim dari Airport Rescue & Fire Fighting Section (ARFF).

Rangkaian kegiatan yang kedua adalah Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Psikologi Kesehatan Kerja yang dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2019 di Ruang Rapat Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dan diikuti oleh 70 orang peserta yang didalamnya terdiri dari pegawai AP 1, anak perusahaan, dan stakeholder terkait. Narasumber pertama pada kegiatan sosialisasi ini merupakan Dosen Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata Semarang, Christin Wibhowo yang menyampaikan materi tentang Hubungan Personal.

Sedangkan narasumber kedua adalah perwakilan dari Balai Kesehatan Masyarakat Wilayah Semarang, Didik Suwarsono S.K.M. MH.Kes yang menyampaikan materi tentang Dampak Bahaya Rokok dan Informasi Dasar HIV Aids. Para peserta sosialisasi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosiasliasi ini, mengingat materi yang dibawakan oleh pada narasumber sangat informatif dan bermanfaat bagi para peserta, tidak selalu hanya mensosialisasikan Alat Pelindung Diri (APD), namun sosialisasi terhadap kesehatan jiwa / psikis dan kesehatan jasmani juga perlu diperhatikan pada lingkungan kerja.

Rangkaian ketiga adalah kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2019 sejak pukul 08.00 WIB di area Exhibition Hall Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum, dimana dapat diikuti oleh seluruh pegawai AP 1 dan pengguna jasa Bandara Jenderal Ahmad Yani, baik para stakeholder maupun penumpang. Pada kegiatan kali ini, PT Angkasa Pura I (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang dengan menyediakan 100 kantong bagi para pegawai ataupun pengguna jasa yang bersedia mendonorkan darahnya untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Seiring dengan diselenggarakannya kegiatan donor darah, pada hari yang sama juga diselenggarakan kegiatan Pameran Foto Edukasi dengan mengangkat tema “Bahaya Rokok, Jenis dan Bahaya Narkoba, Bahaya HIV Aids, dan Jenis & Fungsi Alat Pelindung Diri (APD) di Tempat Kerja”. Pameran ini memamerkan 30 buah foto yang disertai dengan judul dan penjelasan singkat terkait foto tersebut. Adapun pameran foto edukasi ini diselenggarakan di area Exhibition Hall Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada tanggal 4 – 8 Januari 2019.

PTS. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Cecep Marga Sonjaya menjelaskan bahwa “Untuk menciptakan lingkungan dan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja, maka kami berinisiatif untuk mengadakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional Tahun 2019 di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk sosialisasi, kegiatan sosial dan pameran foto edukasi, karena sasaran pada kegiatan ini tidak hanya untuk pegawai saja, melainkan pada orang lain yang terlibat seperti para pengguna jasa bandara,” ujar Cecep.

Selain untuk memberikan edukasi kepada para pengguna jasa, kegiatan pameran foto juga bertujuan untuk meningkatkan best customer experience bagi para pengguna jasa, khususnya penumpang mendapatkan penambahan wawasan sekaligus tidak merasa jenuh saat bepergian di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. “Selain itu pada kegiatan donor darah, kami berharap agar para pengguna jasa juga ikut terlibat pada rangkaian acara yang diselenggarakan untuk wujud kepedulian terhadap sesama, baik oleh para petugas maupun para pengguna jasa bandara,” tambah Cecep.

Tag : angkasa pura i
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top