Bangun Rumah Bermodal Rp50 Juta Bukan Lagi Impian

Bukan sebuah rahasia lagi membangun dan membeli properti, terutama rumah tapak, saat ini sangat menguras kantong. Lalu, bagaimana ternyata terdapat kiat untuk membangun rumah hanya dengan bermodal Rp50 juta saja?
Finna U. Ulfah | 02 Februari 2019 19:25 WIB
Bangunan rumah tahan gempa - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Bukan sebuah rahasia lagi membangun dan membeli properti, terutama rumah tapak, saat ini sangat menguras kantong. Lalu, bagaimana ternyata terdapat kiat untuk membangun rumah hanya dengan bermodal Rp50 juta saja?

Mengutip infografis dari akun twitter resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bukan sebuah mimpi lagi membangun rumah dengan bekal dana yang tidak terlalu besar, yaitu dengan metode Risha atau rumah instan sederhana sehat.

Risha merupakan konsep pembangunan rumah inovasi Pulitbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR. Risha dibangun menggunakan konsep knock down atau modular yang proses pembangunannya tidak membutuhkan semen dan bata, melainkan dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut.

Oleh karena itu, pembangunan rumah ini dapat diselesaikan dengan waktu jauh lebih cepat dan sistem Risha juga dikenal sebagai rumah anti gempa hanya dengan menggunakan modal sebesar Rp50 juta untuk tipe 33.

Keterjangkauan harga Risha dikarenakan penggunaan bahan material Risha dengan precast yang dibuat langsung oleh masing-masing aplikator di workshop.

Selain itu, komponen utamanya yang merupakan panel beton dan baut memiliki harga yang lebih terjangkau dan tidak fluktuatif jika dibandingkan dengan bata dan semen pada umumnya.

Sebagai bahan perbandingan, harga panel Risha terdiri atas, 

Komponen P1 dengan harga Rp110.000 per meter persegi,

Komponen P2 dengan harga Rp100.000 per meter persegi, 

Komponen P3 dengan harga Rp90.000 per meter persegi, panel dinding dengan harga Rp160.000 per meter persegi, dan panel kusen dengan harga Rp50.000 per meter persegi.

 Sementara, harga batu bata ringan hebel memiliki harga Rp750.000 per meter kubik, Harga batu bata ringan dengan ukuran 10x20x60 cm memiliki harga Rp10.000 per biji. Belum ditambah biaya semen.

Adapun, untuk membangun dengan sistem risha menggunakan satu modul yang berukuran 3 x 3m.

PUPR mencontohkan setiap komponen risha dapat dibangun dengan harga kurang lebih Rp4,16 juta, karena satu modul berukuran 3 x3 tersebut terdiri dari 24 buah komponen P1, 8 panel P2, dan 8 panel P3, sedangkan untuk pembangunan satu rumah dengan tipe 33 perincian biaya seperti berikut:

-      Panel struktur (gabungan P1, P2, dan P3) seluas 142 m2 sehingga totalnya sekitar Rp14,2 juta

-      Panel Dinding dengan luas 44 m2 memiliki total Rp7,04 juta

-      Panel Kusen dengan luas yang sama yaitu 44 m2 memiliki total Rp2 juta

-      Pelengkap, atap, kaca, pintu, sanitair, dan lain-lain kurang lebih Rp24 juta.

Maka, Rp14,2 juta + Rp7,04 juta + Rp2 juta + Rp24 juta = Rp47,24 juta, sudah mendapatkan rumah dengan tipe 33.

Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk tidak memiliki rumah.

Tag : rumah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top