Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Himperra Berharap Stimulus Properti Usai Pemilu

Pertumbuhan sektor properti yang lesu membuat sejumlah pengembang yang tergabung dalam Himperra berharap agar pemerintah mengucurkan sejumlah stimulus untuk industri properti usai pemilu.

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan sektor properti yang lesu membuat sejumlah pengembang yang tergabung dalam Himperra berharap agar pemerintah mengucurkan sejumlah stimulus untuk industri properti usai pemilu.

Sekretaris Jenderal Himpunan Pengembang Perumahan dan Permukiman Rakyat (Himperra) Ari Tri Proyono mengatakan bahwa dirinya bersama sejumlah pengembang lain berharap setelah pemilihan umum (Pemilu) presiden pada April mendatang, pertumbuhan ekonomi tetap di atas 5%.

“Pertumbuhan [ekonomi] di atas 5% itu secara makro stabil dan terjaga, sehingga industri properti bisa tumbuh terutama di segmen yang kemarin terkendala, yaitu menengah ke atas,” ungkapnya kepada Bisnis, Minggu (20/1).

Pihaknya mengharap ke depan pemerintah bisa mengeluarkan sejumlah langkah untuk menstimulus pertumbuhan sektor properti internasional baik dari sisi regulasi, perizinan pembangunan khususnya di daerah, perpajakan, perpajakan, dan perbankan.

“Pemerintah secara khusus perlu melakukan kebijakan penurunan bunga untuk produksi rumah maupun bunga kredit pemilikan rumah (KPR) agar pasar perumahan nasional bisa tumbuh,” lanjutnya.

Selain itu, Ari menambahkan bahwa perlu adanya stimulus untuk kalangan milenial agar mereka mau membeli rumah. Pasalnya, segmen pasar pada kalangan tersebut bertumbuh sangat kuat di Indonesia.

“Itu Perlu juga dipikirkan bersama, karena segmen itu akan tumbuh sangat kuat, misalnya dengan KPR khusus milenial. Dipikirkan, gimmick dan stimulusnya apa supaya milenial bisa apresiasi,” tuturnya.

Kemudian, stimulus untuk para pengembang dari pemerintah juga perlu dipikirkan, terutama bagi yang bergerak di sektor rumah-rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Menurut Ari, sektor itu penting karena menyumbang pangsa pasara terbesar di Indonesia.

Himperra berharap ketersediaan tanah murah untuk membangun perumahan rakyat juga bisa segera diwujudkan. Hal ini, imbuh Ari, bisa membantu pemerintah juga untuk mewujudkan pembangunan Program Satu Juta Rumah (PSR).

“Sekali lagi, semoga Pemilu berjalan aman lancar dan damai sehingga bisnis properti bisa tetap tumbuh signifikan tahun ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper