Kopi Indonesia Hadir Kembali di Vienna Coffee Festival

Kekhasan cita rasa kopi Indonesia menarik minat para pencinta kopi yang datang ke Vienna Coffee Festival yang berlangsung di Wina, Austria, pada 11-13 Januari 2019.
Andhina Wulandari | 13 Januari 2019 06:20 WIB
Duta Besar RI untuk Wina Darmansjah Djumala (ketiga kiri) berfoto bersama di stan Indonesia dalam Vienna Coffee Festival di Wina, Austria, yang digelar pada 11-13 Januari 2019. - Dok. KBRI Wina

Bisnis.com, WINA -- Kekhasan cita rasa kopi Indonesia menarik minat para pencinta kopi yang datang ke Vienna Coffee Festival yang berlangsung di Wina, Austria, pada 11-13 Januari 2019.
 
Festival tersebut merupakan pameran kopi terbesar di Austria yang diselenggarakan rutin setiap tahun dan menarik lebih dari 12.000 pengunjung. Tahun ini adalah kali ketiga bagi Indonesia melalui KBRI Wina untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut.
 
“Kopi Indonesia memiliki peluang besar di pasar Austria dan perlu terus dipromosikan. Kopi Indonesia memiliki rasa dan aroma khas karena keunikan kontur alam Indonesia yang tidak ditemui di negara lain di manapun,” kata Duta Besar (Dubes) RI untuk Wina Darmansjah Djumala, Sabtu (12/1/2019).

Dia melanjutkan keikutsertaan KBRI Wina dalam festival ini mampu mendongkrak ekspor kopi Indonesia ke Austria. Ketika pertama kali ikut serta pada 2017, perdagangan kopi Indonesia ke negara Eropa Tengah itu melonjak 44% menjadi sekitar 1.200 ton.
 
Djumala juga yakin dengan promosi yang tepat dan gencar, potensi peningkatan ekspor langsung kopi Indonesia ke Austria akan semakin tinggi lagi.
 
Stan Indonesia merupakan satu-satunya yang mewakili negara dan membawa beragam jenis kopi Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Untuk pameran kali ini, KBRI Wina menyajikan kopi unggulan dari delapan daerah, yaitu Aceh Gayo, Bali, Ijen, Toraja, Manggarai, Trawas, Garut, dan Papua.

Para pengunjung yang hadir di Vienna Coffee Festival (VCF) pun sangat antusias mencicipi kopi Indonesia. 
 
“Saya kagum dengan variasi rasa kopi yang disajikan di stan Indonesia karena masing-masing memiliki keunikan sendiri yang tidak saya temui di kopi-kopi dari negara lain,” kata salah seorang pengunjung.
 
Festival ini diikuti oleh sekitar 70 peserta pameran dari berbagai negara seperti Italia, AS, Inggris, Belanda, Jerman, Norwegia, dan Indonesia. Sejumlah perusahaan kopi terkemuka dunia seperti Julius Meinl, Lavazza, J. Hornig, La Marzocco, Alt Wien Kaffee, Dallmayr Kaffee, Nespresso, dan Bailyes juga turut mengikuti perhelatan tahunan ini.
 
Austria merupakan negara tujuan yang sangat potensial bagi ekspor produk kopi Indonesia. Konsumsi kopi Austria menempati urutan ke-12 tertinggi di dunia dengan jumlah konsumsi 6,1 kilogram (kg) per kapita per tahun.

Sebanyak 92% orang dewasa di Austria merupakan peminum kopi. Di Wina, tradisi minum kopi di kedai kopi yang disebut Viennese Coffee House telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak-benda.

Tag : kopi, austria
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top