Minimalis Modern Masih Jadi Pilihan Pengembang

Setelah beberapa tahun menjadi tren, bangunan bermodel minimalis modern masih menjadi pilhan pengembang dalam membangun perumahan.
Mutiara Nabila | 08 Januari 2019 20:55 WIB
Rumah minimalis - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah beberapa tahun menjadi tren, bangunan bermodel minimalis modern masih menjadi pilhan pengembang dalam membangun perumahan.

Sekretaris Jenderal Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Ari Tri Priyono menuturkan bahwa tahun ini rumah bergaya minimalis masih menjadi incaran pengembang lantaran efisiensi waktu dan kemudahan mendapatkan bahan bangunan.

“Kalau tren bangunannya saya kira masih masuk ke minimalis modern, karena dari sisi pembangunan dia bisa lebih cepat, efisien, pakai bahan bangunan alam dan sebagainya,” kata Ari kepada Bisnis, Selasa (8/1/2019).

Berbicara tentang tren merias interior atau mengubah model rumah, menurut Ari, sebenarnya lebih mudah dilakukan di rumah yang relatif luas dan mahal, karena lebih banyak ruang yang bisa dimanfaatkan dan pemilik umumnya lebih berani bermain warna dan pola.

Namun, penjualan rumah mewah saat ini dinilai Ari kurang diminati lantaran pajaknya yang tinggi dan melihat kondisi ekonomi Indonesia yang kurang mendukung.

“Karena minat rumah mewah turun, maka minat rumah menengah ke bawah pasti akan jadi besar. Model yang dikeluarkan pengembang juga masih akan berkisar di model minimalis karena akan lebih mudah dikerjakan secara massal. Pasti semua pengembang besar atau kecil akan membangun yang itu karena masih banyak peminat,” lanjutnya.

Untuk desain dalam ruang, Ari menuturkan yang menjadi tren tahun ini masih dengan warna-warna cerah yang tegas dan berani, mencerminkan jiwa muda para keluarga baru.

“Dari model tren dapur misalnya, orang masih suka dapur yang ceria, pakai banyak warna cerah. Banyak keluarga-keluarga muda itu suka dapur yang berani. Warna yang bersesuaian dengan jiwa muda,” imbuhnya.

Menurutnya, tren warna interior tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang cenderung menggunakan warna senada, warna yang kalem, nuansa alam. Sekarang warna yang dipilih cenderung kontras, seperti merah cabai, kuning, atau hijau.

Selain itu, penggunaan material juga lebih beragam, tahun ini Ari memprediksi akan lebih banyak orang yang menggunakan material berbahan logam seperti aluminium, karena bisa lebih tahan lama dan tetap bisa tampil cantik dengan memberikan warna cerah.

“Orang kan takut air bocor atau kena rayap, sekarang bahan aluminium dan logam lainnya juga semakin banyak digunakan. Apalagi, sekarang logam-logam tersebut juga bisa diberi warna sesuai keinginan,” tambahnya.

Selain itu, keramik bercorak juga akan lebih banyak dipakai karena unik dan cerah. Model tempat mencuci piring juga makin beragam, tinggal padu padan yang pas.

“Sekarang kan sudah banyak yang menyediakan jasa pasang tempat cuci piring dan perabot lain. Ke depan, yang perlu diperhatikan malah perkembangan material yang digunakan.”

Tag : desain rumah
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top