Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakai Lampu Tenaga Surya, Dusun Awang Landas di Kalsel Akhirnya Bisa Terang

Sulit Akses Listrik, Dusun Awang Landas di Kalsel Akhirnya Nikmati Penerangan dari LTSHE
ESDM pasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi/Istimewa
ESDM pasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi/Istimewa

Bisnis.com, BANJARBARU--Dusun Awang Landas, salah satu dusun di Desa Sungai Buluh, Kalimantan Selatan, hingga kini masih sulit mengakses jaringan listrik PLN.

Kepala Desa Sungai Buluh Muhammad Ramli menceritakan, saat ini hampir seluruh warga desanya sudah dapat menikmati listrik PLN. Namun ada satu dusun di wilayahnya, yakni Dusun Awang Landas, yang hingga kini belum teraliri listrik PLN.

Sulitnya akses listrik tersebut lantaran Dusun Awang Landas berada di daerah rawa-rawa sehingga tidak memungkinkan untuk membangun jaringan listrik PLN.

"Sebetulnya sudah beberapa kali ajukan ke PLN untuk bangunkan listrik. PLN juga sudah survei lapangan, ternyata nggak bisa karena daerah rawa. Kalau nggak kuat, kena angin bisa roboh tiangnya," ujar Ramli saat ditemui Bisnis di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (4/1/2019).

Selain kondisi berupa rawa-rawa, jauhnya letak Dusun Awang Landas dari dusun lainnya yang berada di daratan juga menyulitkan penyaluran listrik dari jaringan yang sudah ada.

"Jarak rumah terakhir (dusun lain) ke Awang Landas 3 kilometer. Rumahnya juga tersebar. Jadi nggak memungkinkan untuk jaringan listrik PLN," katanya.

Beruntung, pada 2018 Dusun Awang Landas mendapatkan alokasi bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dari Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Desa Sungai Buluh merupakan salah satu desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang mendapat alokasi LTSHE sebanyak 91 unit.

Suryani, Tokoh Masyarakat Dusun Awang Landas, bersyukur dengan kehadiran LTSHE. Pasalnya, selama ini untuk penerangan warga hanya mengandalkan lampu minyak tanah. Kondisi tersebut menyulitkan warga untuk melakukan aktivitas pada malam hari.

"Sebelum ada LTSHE, rumah itu gelap. Kami menyampaikan terimakasih banyak ke pemerintah yang berikan bantuan LTSHE. Sekarang anak-anak kami bisa belajar, mengaji, dan ibu-ibu bisa memasak di malam hari," katanya.

Program LTSHE sebagai solusi penerangan dan energi listrik yang difokuskan bagi pedesaan yang terisolir dan sulit dijangkau aliran listrik PLN.

Adapun di Kalimantan Selatan terdapat tiga kabupaten yang mendapatkan jatah bantuan pemasangan LTSHE sebanyak 1.029 unit.Tiga kabupaten tersebut meliputi Hulu Sungai Tengah, Tanah Bumbu, dan Kota Baru.

Saat ini, progres pengerjaan pemasangan LTSHE di tiga kabupaten itu telah terpasang 100%. Pendistribusian LTSHE dilakukan di 16 desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper