Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LMAN Kembalikan Dana Pembebasan Lahan Bendungan Rp1,61 Triliun

Sampai dengan minggu pertama Desember 2018, Lembaga Manajemen Aset Negara telah membayar biaya pembebasan lahan proyek bendungan tahun anggaran 2017 senilai Rp1,61 triliun.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 11 Desember 2018  |  16:22 WIB
Ilustrasi: Bendungan Rukoh di Aceh
Ilustrasi: Bendungan Rukoh di Aceh

Bisnis.com, JAKARTA — Sampai dengan minggu pertama Desember 2018, Lembaga Manajemen Aset Negara telah membayar biaya pembebasan lahan proyek bendungan tahun anggaran 2017 senilai Rp1,61 triliun atau 67,58% terhadap alokasi biaya Rp2,38 triliun.

Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rahayu Puspasari mengatakan bahwa realisasi pembayaran terdiri atas Rp743,28 miliar berupa pembayaran langsung dan Rp869,92 miliar merupakan dana talangan tanah yang ditanggung terlebih dahulu oleh kontraktor.

Menurutnya, realisasi yang sudah dibayarkan tersebut mencapai 98,17% dari total tagihan yang ditujukan kepada LMAN.

"LMAN sudah membayar Rp1,607 triliun dari yang ditagihkan saat ini mencapai Rp1,637 triliun," kata Rahayu kepada Bisnis.com, Minggu (9/12/2018).

Adapun tuturnya, sisa yang ditagihkan dan tengah diproses oleh LMAN mencapai Rp217 juta yang merupakan skema pembayaran langsung.

Sementara itu, kata Rahayu, jumlah pembayaran pada skema pembayaran langsung yang tengah dalam proses kelengkapan dokumen oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) mencapai Rp24,01 miliar.

Pada skema dana talangan tanah, jumlah pembayaran yang tengah berada dalam tahapan kelengkapan dokumen oleh PPK mencapai Rp5,80 miliar.

LMAN menganggarkan Rp2,38 triliun pada Tahun Anggaran 2017 untuk pembayaran pembebasan lahan bendungan sebanyak 5.666 bidang tanah.

Beberapa dana talangan yang sudah dibayarkan antara lain untuk pembangunan Bendungan Ciawi, Tugu, Tapin, Ladongi, Gongseng, Sukamahi, dan Passeloreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dana talangan bendungan LMAN
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top