Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota dan Japan Tobacco Teken Perjanjian Lisensi Teknologi GRAS-Di DNA

Toyota Motor Corporation (Toyota) menandatangani perjanjian dengan Japan Tobacco Inc. (JT) untuk melisensikan teknologi analisis GRAS-Di DNA yang unik yang dapat secara dramatis mempercepat pembiakan selektif, Selasa (20/11/2018).
Daun tembakau./ANTARA-Mohammad Ayudha
Daun tembakau./ANTARA-Mohammad Ayudha

Bisnis.com, TOYOTA CITY Toyota Motor Corporation (Toyota) menandatangani perjanjian dengan Japan Tobacco Inc. (JT) untuk melisensikan teknologi analisis GRAS-Di DNA yang unik yang dapat secara dramatis mempercepat pembiakan selektif, Selasa (20/11/2018).

Sebelumnya, teknologi ini hanya diberikan kepada perusahaan spesialis yang melakukan analisis DNA berdasarkan kontrak. Untuk lebih mempercepat penggunaannya yang lebih luas, Toyota telah mengambil langkah melisensikan teknologi ini untuk pertama kalinya kepada perusahaan swasta yang terlibat dalam bisnis pertanian.

Sejak 1999, di samping bisnis intinya membuat mobil, Toyota telah bekerja untuk memperkaya kehidupan masyarakat melalui berbagai bidang bisnis yang berkontribusi terhadap lingkungan. Contoh yang menonjol termasuk bisnis biomassa, yang mengekstraksi sumber daya terbarukan dari kotoran ternak, dan bisnis penghijauannya.

Sebagai bagian dari pendekatan ini, dengan masalah pertanian yang dihadapi seperti penuaan populasi pertanian dan penurunan swasembada pangan, Toyota mengejar proyek untuk membantu mengatasi masalah ini dengan mendukung dan mendorong pengembangan industri pertanian.

Pada 2016, melalui salah satu proyek dukungan pertanian ini, Toyota mengumumkan pengembangan GRAS-Di, teknologi analisis DNA yang mampu mempercepat pembiakan selektif, menghasilkan tanaman bernilai tinggi yang mudah diolah dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Ini dicapai dengan mengatasi keterbatasan teknik analisis konvensional untuk secara signifikan mengurangi biaya dan jam kerja. Akibatnya, teknologi ini digunakan sebagai teknik perbaikan tanaman dasar untuk mengidentifikasi gen-gen gen tebu yang tahan penyakit, menganalisis genom stroberi, dan banyak lagi.

Perjanjian lisensi ini telah ditandatangani dengan JT, yang terlibat erat dalam berbagai inisiatif penelitian terkait dengan pertumbuhan tembakau daun sebagai perusahaan swasta yang terlibat dalam bisnis pertanian.

Dalam menandatangani perjanjian ini, JT berkomentar bahwa mereka mengharapkan teknologi GRAS-Di untuk memfasilitasi identifikasi dan pemanfaatan gen berguna yang mampu meningkatkan kualitas dan keandalan.

Teknologi ini juga membantu mempercepat pembiakan selektif di luar pertanian dengan, misalnya, menganalisis genetika buntal Jepang di bidang perikanan.

Ke depan, Toyota bermaksud untuk mendorong penggunaan teknologi ini lebih luas di berbagai industri termasuk perikanan, kehutanan dan peternakan dengan memberikan informasi kepada perusahaan swasta lain baik di dalam maupun di luar Jepang, membantu mempercepat proses pemuliaan selektif di berbagai bidang.

Diharapkan bahwa penyebaran teknologi ini di berbagai bidang akan membantu mengatasi berbagai masalah global dengan meningkatkan produksi makanan dan meningkatkan daya tahan sumber daya alam. Toyota bermaksud untuk melanjutkan upayanya untuk memperkaya kehidupan masyarakat melalui proyek dan bisnis yang berkontribusi terhadap lingkungan, di bawah visi global memperkaya kehidupan di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper