Mencari Ide Untuk Mengurai Tantangan Industri Agrikultural

Bisnis.com, JAKARTA – Kata ‘ide’ atau ‘gagasan’ dalam bahasa Indonesia lahir dari bahasa Yunani ‘idein’ yang bermakna ‘melihat'.
MediaDigital | 31 Oktober 2018 15:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kata ‘ide’ atau ‘gagasan’ dalam bahasa Indonesia lahir dari bahasa Yunani ‘idein’ yang bermakna ‘melihat'. Penemu-penemu besar yang pernah dicatat sejarah seperti Einstein, Wright bersaudara, Tesla, dan Da Vinci mempunyai kemampuan melihat apa yang tidak bisa dilihat orang lain.

Kemampuan mereka membuka mata untuk segala kemungkinan dan usaha untuk mengejarnya itulah yang kemudian membawa manusia, puluhan generasi berikutnya hidup dalam rangkaian kemudahan. Listrik yang menghidupkan lampu hingga mesin yang memungkinkan kita terbang. Hal tersebut setidaknya memberi kita satu fakta: ide merubah segalanya.

Pencarian akan ide itulah tengah dilakukan Alltech, perusahaan penyedia kebutuhan peternak dan industri pakan. Lewat sebuah seminar bertajuk The Alltech ONE Ideas Forum, Alltech mengajak kalangan industri agrikultur mendiskusikan tren global serta dampaknya bagi dunia agribisnis.

Seminar satu hari ini berlangsung di Jakarta pada Selasa (30/10/2018). Dalam seminar tersebut, peserta diajak untuk melihat perkembangan dunia agrikultur dan bagaimana mengurai tantangan yang akan datang di masa depan.

Sejumlah nama yang ahli di ranah ini seperti presiden dan CEO Alltech Mark Lyons dan pengamat ekonomi Faisal Basri turut memberi pandangan dalam forum. Mulai dari tantangan ekonomi global terhadap industri agrikultur hingga tren konsumen global yang harus diantisipasi pelaku agribisnis.

The Alltech ONE Ideas Forum yang hadir di 17 lokasi di 15 negara sepanjang 2018 adalah cerminan dari konferensi ONE: The Alltech Ideas Conference. Melalui forum ini, Alltech akan mengusung isu-isu global ke level lokal.

Penyelenggaraan Alltech ONE Ideas Forum kali ini juga menjadi penanda kunjungan pertama Presiden dan CEO Mark Lyons ke Indonesia sejak ia ditunjuk mengisi jabatan tersebut awal tahun ini.

“Meski kami harus kehilangan pendiri Alltech tahun ini, rangkaian tur ONE Ideas Forum hadir untuk memastikan bahwa kami tidak akan melakukan perubahan signifikan, tetapi perubahan yang lebih baik dan Alltech dapat dikenal secara global,” kata Lyons saat konferensi pers Selasa (30/10/2018).

Mark Lyons juga memandang pasar Asia memiliki keanekaragaman yang sangat menarik. Setiap negara, terang Lyons, memiliki tipe ekonomi yang berbeda. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi operasional Alltech ke depannya. Untuk menjamin operasional berjalan lancar, Alltech terus mencoba meningkatkan fasilitas baik di teknologi maupun produk nutrisi bagi peternakan.

Mark Lyons menyebut penyelenggaraan Alltech ONE Ideas Forum bertujuan sebagai diskusi dan berbagi soal isu-isu agrikultural yang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk mencari tahu isu yang tengah berkembang di Indonesia. Suatu ide yang solutif juga diharapkan dapat muncul dari para peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Tag : agrikultur, Alltech
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top