Kemenhub Minta Kurangi Laju Kendaraan untuk Menekan Angka Kecelakaan

Kementerian Perhubungan mengkampanyekan penurunan kecepatan kendaraan bermotor untuk menekan risiko kecelakaan fatal di jalan raya.
Hendra Wibawa | 21 Oktober 2018 16:48 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan mengkampanyekan penurunan kecepatan kendaraan bermotor untuk menekan risiko kecelakaan fatal di jalan raya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan dengan menurunkan kecepatan kendaraan 5% bisa mengurangi 30% risiko kecelakaan fatal di jalan raya.

Hal itu disampaikan dalam acara Pekan Keselamatan Jalan 2018 di Soreang Kabupaten Bandung yang merupakan bagian dari Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2011-2020.

“Kegiatan Pekan Keselamatan Jalan Nasional Tahun 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengedukasi tentang Keselamatan Jalan Nasional,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (21/10/2018).

Menhub melanjutkan di Jawa Barat memiliki jumlah korban kecelakaan lalu lintas terbesar nomor empat di Indonesia. Berdasarkan data Kepolisian, kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat pada 2017 tercatat 1.743 kecelakaan, dengan menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 863 jiwa, 269 orang luka berat dan 1.714 luka ringan.

Kegiatan Pekan Keselamatan Jalan Nasional 2018 memiliki berbagai rangkaian acara seperti kegiatan sepeda nusantara, lomba menggambar dan mewarnai dan talk show bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang diikuti 4.000 peserta.

Dalam kegiatan itu para peserta hadir dari anak SD hingga SMP dan beberapa komunitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kecelakaan lalu lintas

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top