Rumah Instan Risha, Begini Penerapannya

Risha (Rumah instan sederhana sehat) merupakan teknologi rumah layak huni dan terjangkau sistem knock down dan dapat dibangun secara bertahap. Waktu yang diperlukan untuk proses pembangunan setiap modul (3x3 m) adalah 24 jam oleh 3 orang pekerja.
Anitana Widya Puspa | 02 Oktober 2018 21:04 WIB
Ilustrasi Rumah sederhana di Jakarta - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Risha (Rumah instan sederhana sehat) merupakan teknologi rumah layak huni dan terjangkau sistem knock down dan dapat dibangun secara bertahap. Waktu yang diperlukan untuk proses pembangunan setiap modul (3x3 m) adalah 24 jam oleh 3 orang pekerja.

Setiap modul memiliki 3 jenis komponen panel struktur, panel P1, P2 , dan panel simpul yang memiliki sifat fleksibel dan efisien dalam konsumsi bangunan.

Keunggulan: Lebih cepat, lebih murah, ramah lingkungan, tahan gempa, movable, lebih ringan, dapat dimodifikasi untuk bangunan sekolah, puskesmas, rumah sakit, dan lainnya.

Komponen struktur Risha:

Komponen Simpul: [P=30 cm, L:30 cm, T:10cm]

Komponen struktur:[P;120cm, L:30cm, T;10cm]

Komponen Struktur:[P:120cm, L:20cm, T:10cm]

Penerapan:

Telah diterapkan sebanyak 10.000 unit di Nangroe Aceh Darusalam (NAD) pasca Tsunami, serta penerapan model di Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Riau, Jambi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, NTT, NTB.

Tag : rumah instan
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top