Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virtual Office Solusi Ruang Kerja Bagi UMKM dan Start Up

Dalam keperluan ruang kerja, banyak UMKM mulai mempercayai virtual office sebagai solusi beberapa tahun terakhir. Peluang ini dimanfaatkan oleh XWORK sebagai startup yang menawarkan pemesanan ruang kerja secara onlineatau virtual office.
Virtual office./startworknow.com
Virtual office./startworknow.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang tengah naik, sudah semestinya terus ditopang oleh ekosistem yang kuat.

Ekosistem ini dibentuk serta dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari regulasi, akses kepada modal yang mudah serta ruang kerja yang memadai bagi UMKM melakukan bisnisnya.

Kenaikan pertumbuhan UMKM dicatatkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lalu, dengan mengungkapkan bahwa peranan UMKM pada perekonomian nasional terhitung cukup besar, yakni mencapai lebih dari 90% dan penyerapan tenaga kerja mencapai 97%. UMKM pun berhasil menyumbang pertumbuhan terhadap Produk Domestik Bruto hingga 60,34%.

Dalam keperluan ruang kerja, banyak UMKM mulai mempercayai virtual office sebagai solusi beberapa tahun terakhir. Peluang ini dimanfaatkan oleh XWORK sebagai startup yang menawarkan pemesanan ruang kerja secara online atau virtual office.

Direktur XWORKS William Budihardjo mengatakan virtual office merupakan sebuah jasa sewa ‘alamat kantor’ dimana klien menyewa alamat guna korespondensi surat dan penerimaan tamu. Klien tidak memiliki lokasi fisik, tapi memiliki alamat terdaftar yang tetap.

“Ini sangat berguna bagi mereka yang sifat pekerjaannya selalu berpindah, namun tetap ingin memiliki alamat untuk urusan surat-menyurat mereka,” ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Minggu (30/9/2018).

Para pengguna virtual office yang sekarang menggunakan XWORK masih di dominasi oleh UMKM hingga startup yang masih dalam tahap yang sangat dini, atau usaha-usaha yang membutuhkan pekerjanya untuk berpindah-pindah. Dengan virtual office, mereka dapat menghemat anggaran sewa kantor secara signifikan hingga diatas 50%.

“XWORK menyediakan berbagai macam ruangan, termasuk ragam paket virtual office dengan penawaran menarik dan terjangkau yang sekarang sedang menjadi pilihan bagi banyak UMKM. Kami memiliki komitmen untuk senantiasa menyediakan layanan yang bisa membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya,” tuturnya.

Dari manfaatnya yang dapat dirasakan banyak pihak hingga kesempatan baru yang dimungkinkan oleh cara kerjanya, virtual office telah berubah menjadi tren baru yang akan meningkat pesat 5 tahun ke depan.

Ini karena konsep tersebut memungkinkan usaha-usaha UMKM dapat beroperasi dengan biaya yang lebih ringan. Banyak perusahaan baru akan muncul dan lebih terdorong untuk berkarya, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Konsep yang dulunya diragukan dan hanya dianggap tren, kini telah menjadi gambaran masa depan dan akan berintegrasi dengan budaya bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper