Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Memilih Papan Gypsum

Papan gypsum popular oleh masyarakat, baik sebagai plafon hingga partisi ruangan. Sifatnya yang ringan dan mudah dipasang membuat bahan ini menjadi pilihan untuk digunakan.
Papan gypsum/istimewa
Papan gypsum/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-- Papan gypsum popular oleh masyarakat, baik sebagai plafon hingga partisi ruangan. Sifatnya yang ringan dan mudah dipasang membuat bahan ini menjadi pilihan untuk digunakan.

Selain itu papan gypsum juga memiliki ketahanan yang bagus, bahkan beberapa produsen papan gypsum ada yang mengeluarkan produk gypsum yang tahan api dan tahan air untuk diaplikasikan di area yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Kualitas papan gypsum yang baik adalah yang tidak mudah patah dan menggelembung.  

Nah, bagi Anda yang kebetulan saat ini ingin membeli papan gypsum, berikut ini adalah tips memilih papan gypsum dari Rahmawan K. Gunawan Technical Relation Supervisor PT Petrojaya Boral Plasterboard (produsen papan gypsum dengan merek Jayaboard).:

Tampilan bagian muka papan yang halus

Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah mencari papan gypsum yang memiliki bagian muka yang halus dan rata, karena dengan begitu akan membuat proses pengecatan atau finishing menjadi bagus.    

Memiliki kualitas kertas yang bagus  

Papan gypsum biasanya terbuat dari inti gypsum yang terbungkus dalam kertas pelapis, untuk itu pilihlah gypsum yang memiliki daya rekat kertas pelapis tidak mudah terkelupas bila disobek. Selain itu, pilihlah gypsum yang memiliki kualitas kertas yang bagus, karena jika kertasnya kurang bagus akan cepat menyerap kertas, mudah menjamur, menggelembung dan cepat bolong.

Tidak mudah patah

Beli lah papan gypsum yang tidak mudah patah, untuk mendeteksi hal tersebut sebenarnya cukup mudah, Anda hanya mengangkat papan gypsum, jika diangkat terasa rapuh tidak solid maka papan gypsum tersebut mudah patah.    

Ringan

Pilihlah papan gypsum yang ringan, karena semakin ringan akan mempermudah proses pengerjaan. Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah jangan memilih gypsum yang ringan namun rapuh, namun pilihlah gypsum yang solid dan kokoh.       

Pilih yang memiliki garansi

Pilihlah papan gypsum yang memiliki garansi, karena memang ada beberapa produsen papan gypsum yang menyediakan garansi. Hal ini sangatlah penting karena dapat menjamin produk yang diterima konsumen sesuai dengan spesifikasi.   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper