Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DHL Express Bakal Terapkan Swipbox

Perusahaan jasa ekspedisi multinasional DHL Express Indonesia bakal menerapkan layanan bernama swipbox guna mempermudah layanan pengiriman dan penerimaan barang kepada pelanggan dan juga untuk memangkas ongkos operasional perusahaan.
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Noah Berger
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Noah Berger

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan jasa ekspedisi multinasional DHL Express Indonesia bakal menerapkan layanan bernama swipbox guna mempermudah layanan pengiriman dan penerimaan barang kepada pelanggan dan juga untuk memangkas ongkos operasional perusahaan.

Kotak khusus ini merupakan tempat penyimpanan barang yang biasa ditempatkan di mal atau tempat perkantoran. Barang pesanan pengirim akan disimpan untuk kemudian diberitahu bahwa barang tersebut telah tersedia dan hanya bisa dibuka dengan kode khusus.

"Ada satu inisiatif yang akan dilakukan oleh global office kita yaitu dengan [penerapan] swipebox," kata Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia Ahmad Mohamad, Senin (17/9/2018).

Dia mengatakan layanan ini sudah diterapkan di negara seperti Korea Selatan dan Jepang. Di kedua negara itu, cara penerimaan barang memang tidak biasanya.

Paket biasanya tidak dikirim atau diantarkan langsung ke rumah, melainkan disimpan di boks khusus sesuai permintaan pengirim. Bahkan di Jepang, sudah ada 1.400 swipbox.

"Karena ada alasan tertentu seperti safety security dan ingin mengambil langsung barang sesuai dengan waktu yang ditentukan sendiri. Lalu bagi sebagian dari mereka tidak mau ada orang asing yang datang ke rumah untuk antar barang," tuturnya.

Ahmad mengatakan layanan ini dinilai bisa menurunkan biaya operasional sebab biasanya perusahaan ini mengantarkan barang ke ratusan alamat. Dengan layanan ini, maka cukup disimpan di tempat khusus sehingga bisa memangkas biaya. "Cost akan turun dan customer akan lebih happy," ujarnya.

Sayangnya, layanan ini tampaknya tidak hadir dalam waktu dekat. Adanya perbedaan gaya hidup menjadi salah satu alasannya. "Tapi kalau di Jakarta, misalnya, memang cara hidupnya belum kesitu. Tapi kita buat juga, sudah ada satu swipeox di Jakarta Teater namun belum digunakan lagi. Namun suatu hari nanti kita akan gunakan itu [swipbox], sebab lebih aman juga," ungkapnya.

Dalam catatn Bisnis, hanya PT Pos Indonesia (Persero) yang sudah menggunakan layanan seperti ini dengan nama MBox-Pos dan diluncurkan beberapa waktu lalau hasil kerja sama dengan PT MCash Integrasi Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper