Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hanson Jadikan Grand Jakarta Kota Pendidikan

PT Hanson International Tbk dengan kode saham MYRX optimistis untuk membangun kota baru bernama Grand Jakarta di selatan Jakarta dan Tangerang sebagai kota pendidikan.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hanson International Tbk dengan kode saham MYRX optimistis untuk membangun kota baru bernama Grand Jakarta di selatan Jakarta dan Tangerang sebagai kota pendidikan.

Direktur Utama PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputro mengatakan dalam kurun waktu 5-20 tahun bisa mewujudkan kota penyangga Jakarta, yaitu Grand Jakarta dengan luas total 15.000 hektare.

Ada pun 4.000 hektare dari luasan itu sudah berhasil dikuasai oleh Hanson International dari Cisauk sampai Maja. Saat ini, luas 4.000 hektare itu telah menjelma sejumlah proyek Hanson International antara lain; Forest Hill, Millenium City, dan Citra Maja Raya.

“Ini adalah gabungan realestat terbesar dari Serpong sampai Maja. Luas Grand Jakarta itu dua kali kota Bandung dan tiga kalinya BSD,” ujar Benny pekan lalu.

Dia menerangkan, Grand Jakarta akan mengadopsi kota baru yang berbeda dari segmen kawasan lain. Benny mengaku tidak ingin mencontoh perkembangan kota berbasis industri seperti yang terjadi di Cikarang ataupun Karawang. Dia memproyeksikan Grand Jakarta nantinya akan menjadi kota pendidikan. Dengan demikian, dia menargetkan porsi hunian yang berimbang untuk semua proyek Hanson International saat ini.

“Harus proporsional untuk rumah subsidi, MBR, dan rumah komersial. Kami membidik keluarga muda.

Benny menjanjikan hunian berimbang di Grand Jakarta dengan membangun dalam perbandingan 1:2:3. Perbandingan 1 untuk rumah mewah dibandingi 2 rumah menengah, dan 3 rumah untuk bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dia menyebut untuk merealisasikan Grand Jakarta, Hanson International membutuhan dana sekitar Rp15 triliun sampai Rp20 triliun. Sumber dana untuk ekspansi Grand Jakarta ini rencananya akan melalui right issue. Dana right issue tersebut rencananya akan digunakan untuk membebaskan sisa lahan sekitar 11.000 hektare. Menurut Benny, untuk mengakomodasi Grand Jakarta, perusahaan juga sedang menjajaki pembangunan jalan tol dengan Wijaya Karya.

“Untuk mengembangkan Grand Jakarta saya akan mengundang kampus-kampus ternama untuk membuka universitasnya disini. Saya akan mengajak 10 pengembang besar masuk kesana. Kami akan bangun 1,5 juta rumah di sana,” tutur Benny.

Sebagai informasi, proyek Citra Maja Raya adalah proyek Hanson International bersama Ciputra Group sejak 2014. Proyek Forest Hill di Parung Panjang adalah proyek yang dikerjakan sendiri oleh Hanson International. Sementara Millenium City adalah kerjasama Hanson International dengan Century Properties Group milik Tan Kian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper