Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Maskapai Asing Ajukan 26 Extra Flight untuk Asian Games 2018

Kementerian Perhubungan telah menerima 26 pengajuan penerbangan tambahan dari tiga maskapai asing selama periode Asian Games 2018.
Pesawat Air China di Bandara Internasional Beijing, 11 July 2011./REUTERS-David Gray
Pesawat Air China di Bandara Internasional Beijing, 11 July 2011./REUTERS-David Gray

Bisnis.com, PALEMBANG – Kementerian Perhubungan telah menerima 26 pengajuan penerbangan tambahan dari tiga maskapai asing selama periode Asian Games 2018. 

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub M. Pramintohadi Sukarno mengatakan pengajuan penerbangan tambahan bisa dilakukan secara daring (online) dan akan terus dibuka hingga pelaksanaan event empat tahunan tersebut dimulai pada 18 Agustus 2018.

"Secara bertahap sudah ada yang mengajukan. Ada tiga maskapai asing yang sudah masuk mengajukan, untuk maskapai domestik kami masih tunggu karena fleksibel," kata Pramintohadi, Rabu (1/8/2018).

Dia menambahkan tiga maskapai asing tersebut adalah China Airlines, Air China, dan Jetstar. Adapun, Jetstar mengajukan penerbangan tambahan terbanyak dengan 14 penerbangan.

Hal tersebut, lanjutnya, dikarenakan maskapai tersebut memiliki penerbangan langsung rute SingapuraPalembang. Rencananya penerbangan tambahan tersebut memuat 2.520 kursi.

Pramintohadi menuturkan Air China mengajukan flight approval hingga 10 penerbangan. Jumlah kursi yang disediakan dalam penerbangan tambahan tersebut sebanyak 3.060 seat.

Sementara itu, China Airline hanya mengajukan dua penerbangan tambahan dengan kapasitas sebanyak 612 kursi. 

Pihaknya tidak membatasi permintaan penerbangan tambahan maskapai selama Asian Games untuk mendukung kelancaran kegiatan olahraga terbesar di Asia. Adapun, maskapai lain diprediksi akan mengajukan penerbangan tambahan mendekati hari H pelaksanaan.

Dia memperkirakan kenaikan lalu lintas penerbangan akan terjadi sejak H-10, bahkan sejak akhir bulan lalu peningkatan jumlah kedatangan penumpang sudah terjadi. Akan tetapi, puncak lalu lintas penerbangan dari kontingen maupun official atlet akan terjadi pada H-3.

Kemenhub menilai penerbangan tambahan bisa melayani delegasi sebanyak lebih dari 25.000 orang dari 60 negara Asia dan non Asia sebagai pemantau. Delegasi tersebut terdiri atas 14.882 atlet, official 6.000 orang, 2.000 wartawan serta para pemantau dan lainnya yang berjumlah sekitar 3.000 orang.

Jumlah tersebut masih bisa bertambah banyak apabila memasukkan estimasi suporter masing-masing negara atau wisatawan yang ingin merasakan atmosfer kompetisi olahraga terbesar di Asia tersebut. Maskapai diminta untuk segera melakukan kalkulasi sebelum mengajukan slot penerbangan ekstra.

AirNav Indonesia juga diminta untuk mempersiapkan penambahan lalu lintas penerbangan. Persiapan juga mulai dilakukan oleh pengelola bandara, terutama Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, guna mendukung kenyamanan penumpang di darat.

Pramintohadi juga telah berkoordinasi dengan pengelola bandara, selain dengan maskapai dan penyedia jasa navigasi udara. Bandara lain, selain Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, juga dipersiapkan.

Bandara yang dipersiapkan terutama untuk mendukung destinasi wisata. Tamu delegasi maupun atlet diprediksi akan melakukan perjalanan wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper