Gojek Luncurkan Fitur Swadaya bagi Mitra Pengemudi

Perusahaan solusi, Gojek meluncurkan fitur Swadaya yakni akses promosi gawai, kebutuhan pokok hingga produk keuangan sehingga para mitra pengemudi bisa mendapatkan produk tersebut lebih terjangkau.
Duwi Setiya Ariyanti | 31 Juli 2018 14:45 WIB
Pengemudi Gojek melintas di kawasan bisnis di Jakarta. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Perusahaan solusi, Gojek meluncurkan fitur Swadaya yakni akses promosi gawai, kebutuhan pokok hingga produk keuangan sehingga para mitra pengemudi bisa mendapatkan produk tersebut lebih terjangkau.

Dalam acara peluncurannya, Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita mengatakan pemberian akses promosi kepada mitra pengemudi sudah berlangsung sejak tahun lalu. Kendati demikian, dia menyebut fasilitas yang ditawarkan belum sebanyak hari ini yang dikemas di fitur khusus.

Menurutnya, dengan fitur ini, para mitra pengemudi mendapat akses lebih mudah untuk memenuhi kebutuhna sehingga bisa menghemat biaya operasional. Sebagai contoh, dia menyebut kerja sama Gojek dengan JD.ID dan Lenovo memungkinkan mitra pengemudi membeli gawai dari Lenovo dan kebutuhan pokok di JD.ID lebih mudah.

"Sudah berjalan setahun lebih. Tetapi, kalau tahun lalu baru ada asuransi yang kecelakaan aja. Sekarang udah lebih banyak," ujarnya, Selasa (31/7/2018).

Untuk memberikan fasilitas promosi, Gojek menggandeng beberapa mitra mulai dari penyedia jasa telekomunikasi hingga perbankan. Perinciannya, untuk operator seluler, pihaknya menggandeng Telkomsel dan Indosat melalui paket internet dan bonus khusus.

Selain itu, dari sisi otomotif, pihaknya menggandeng Shop&Drive untuk melakukan perawatan kendaraan bermotornya. Kemudian, untuk produk jasa keuangan, Gojek bekerja sama dengan Allianz untuk asuransi kesehatan, Pasar Polis untuk asuransi kecelakaan dan santunan kematian juga Jaminan Sosial bersama BPJS-TK.

Terakhir, pihaknya pun menggandeng KPR BTN untuk kredit kepemilikan rumah, BNI untuk tabungan pendidikan, Permata Syariah untuk Tabungan Haji dan BNI Syariah untuk tabungan umrah.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Driver Community Gojek, Jaka Wiradisuria mengatakan kecuali produk jasa keuangan, penerapannya masih belum bisa menjangkau mitra pengemudi yang kini berjumlah lebih dari 1 juta orang.

Adapun, setidaknya 400 mitra pengemudi telah mendapatkan hunian dan 1.000 mitra pengemudi telah mendapatkan motor dari hasil kerja sama Gojek dengan mitra strategis.

Dia menyebut pembayaran premi dan cicilan bisa dilakukan perhari atau perbulan yang diambil dari saldo pada aplikasi.

Sebagai contoh, untuk asuransi, premi yang dibayarkan mulai Rp15.000 perhari dan akses kepemilikan hunian mulai Rp48.000 perhari.

Jaka berujar untuk mendapatkan promosi jasa keuangan ini memang dibutuhkan penghasilan tetap yang cukup.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan diferensiasi produk agar para mitra pengemudi bisa memiliki ruang pendapatan guna mencukupi kebutuhannya.

"KPR dan tabungan ini belum bisa kami share secara detail. Mekanismenya kurang lebih sama yaitu penarikan harian atau bulanan dideduksi dari aplikasi," kata Jaka.

Tag : Gojek
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top