Kemenhub Minta Masalah Danau Toba Diselesaikan Bersama

Kemenhub Minta Masalah Danau Toba Diselesaikan Bersama
Jaffry Prabu Prakoso | 01 Juli 2018 00:59 WIB
Tim SAR gabungan melakukan proses pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Simalungun, Sumatra Utara, Jumat (22/6/2018). - ANTARA/Irsan Mulyadi

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyerukan kepada semua pihak bersama-sama melakukan perbaikan dan menyelesaikan persoalan penyeberangan di Danau Toba.

Dia mengatakan dengan penerapan Bulan Tertib Keselamatan Pelayaran, pada nantinya akan memberikan masukan dan koreksi terkait keselamatan dan keamanan penyeberangan. Dalam situasi saat ini sudah bukan saatnya lagi mencari siapa yang salah melainkan semua harus bergerak untuk memperbaiki kesalahan yang ada.

“Saat ini jangan cari kambing hitam tetapi lihat ke depan untuk memperbaiki aspek keselamatan transportasi angkutan sungai dan danau di Indonesia,” katanya, Sabtu (30/6/2018).

Budi menjelaskan pengimplementasian Bulan Keselamatan Penyeberangan di Danau Toba tidak melulu soal fisik kapal, melainkan juga terkait dengan administrasi dan dokumentasi.

Dengan begitu masyarakat dapat mengetahui progres pengerjaan dari Kementerian Perhubungan untuk memperbaiki sistem transportasi.

Kementerian Perhubungan akan melakukan usaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem transportasi di Indonesia termasuk angkutan sungai dan danau.

Bulan Tertib Keselamatan Pelayaran seperti ini tidak hanya akan dilakukan di Danau Toba melainkan akan dilakukan pada daerah lainnya.

“Saat ini menjadi momentum untuk memperbaiki semua aspek pelayaran yang ada di Danau Toba,” tutup Budi.

Tag : danau toba
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top