Swasta Lirik Proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan sejauh ini ketertarikan pihak swasta terhadap terminal 4 terlihat positif menyusul banyaknya proposal yang masuk untuk menjajaki kerja sama.
Ilham Budhiman | 21 Juni 2018 21:52 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin meninjau pembangunan landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (21/6/2018). - Antara/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan sejauh ini ketertarikan pihak swasta terhadap terminal 4 terlihat positif menyusul banyaknya proposal yang masuk untuk menjajaki kerja sama.

"Pihak swasta sudah ada yang berminat dan menyurati kita untuk mengajak partnership dalam bentuk kerja sama strategis," kata Awaluddin kepada Bisnis pada Kamis (21/6/2018).

Proposal penjajakan kerja sama dengan swasta menurutnya datang dari airlines operator, airport operator, dan perusahaan konstruksi.

"Jadi, mereka tertarik, bahkan sudah mengirimkan proposal untuk menjajaki kerja sama dengan Angkasa Pura II untuk pembangunan terminal 4 ini," ujarnya.

Kendati demikian, saat ini pihaknya masih akan fokus pada penyiapan conceptual design, basic design dan penyelesaian detail engineering design (DED) sebelum memutuskan menggandeng pihak swasta dalam proyek ini.

"Tapi sejauh ini kita belum memutuskan sebelum tahapan-tahapan itu selesai. Nah, jadi kami baru mau menyeselaikan itu dulu baru fokus mencari partner," ungkapnya.

Setelah tahapan-tahapan itu selesai, kata Awaluddin, pihaknya akan melakukan tender apakah untuk untuk contruction atau strategic patnership.

Menurut perhitungannya, tahapan penyelesaian conceptual design termasuk merevisi basic design akan rampung pada akhir tahun ini. Sehingga pada kuartal I/2019 tinggal penyelesaian DED.

"Jadi, persis seperti yang disampaikan Pak Jokowi sampai akhir 2019 DED selesai, awal 2020 bisa persiapan untuk tender apakah untuk kontruksi atau strategic parnethsip," jelasnya.

Pagi tadi, Presiden Joko Widodo mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta guna meninjau pelaksanaan dua proyek yang tengah dikerjakan di Bandara Soetta yaitu pembangunan landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dan taxiway sepanjang 3.160 meter.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyinggung soal pembangunan terminal 4 guna mengantisipasi lonjakan penumpang di masa depan.

Adapun lokasi terminal 4 akan dibangun di bekas lapangan golf Suwarna seluas 45 hektare dengan nilai proyek Rp11 triliun.

Tag : bandara soekarno-hatta
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top