Kapal di Muara Angke Disidak Menhub

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (20/6/2018), melakukan sidak ke Dermaga Kali Adem Muara Angke.
Muhammad Ridwan | 20 Juni 2018 17:29 WIB
Pengunjung menuruni kapal wisata Kepulauan Seribu, di Dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini Rabu (20/6/2018) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dermaga Kali Adem Muara Angke.

Pada kunjungan sidaknya, Menhub mengimbau kepada seluruh pelabuhan di Indonesia untuk melaksanakan ketentut berlayar dengan baik.

“Hari ini saya melakukan sidak untuk mengatahui ketaatan teman-teman di lapangan dalam melaksanakan regulasi terutama yang berkaitan dengan keselamatan. Sekaligus, saya juga ingin mengimbau semua pelabuhan di Indonesia untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan berlayar dengan baik,” ujar Budi dalam keterangan resminya hari ini Rabu (20/6/2018).

Hasil kunjungan sidak menunjukan beberapa indikasi positif dari berbagai aspek, seperti kapal yang telah dilengkapi surat semacam KIR, telah dilakukan rampcheck, jumlah penumpang yang telah sesuai dengan ketentuan, dan semua dokumen lengkap.

“Data manifest dibuat untuk menunjukan jumlah penumpang yang tidak melebihi batas maksimal. Dokumen kapal pun sudah lengkap dan didukung dengan Surat Persetujuan Berlayar (PSB),” kata Menhub.

Budi berharap, format ini tidak hanya berlaku di Dermaga Kali Adem. Menhub mengimbau kepada penumpang agar selalu menggunakan jaket keselamatan saat berlayar dan juga menegaskan, bahwa penggunanaan jaket keselamatan itu penting dan pihak-pihak terkait harus selalu mendukung keamanan penumpang dengan mengawasi jumlah penumpang agar tidak melebihi batas maksimal.

"Tadi ada beberapa penumpang yang tidak menggunakan jaket keselamatan karena alasan panas, tidak nyaman, dan sebagainya. Oleh karenanya, saya minta kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke, Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk mengawasi jumlah penumpang agar tidak melebihi kapasitas dan meningkatkan keamanan," tambah Menhub.

Pada akhir kunjungan sidaknya, Menhub berpesan bahwa agar kita semua selalu menaati segala ketentuan berlayar yang berlaku demi keselamatan bersama.

Tag : muara angke, kapal tenggelam
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top