Kunjungi Dermaga Kali Adem, Menhub Temukan Pelanggaran SOP

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi masih menemukan pelanggaran Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayaran saat meninjau aktivitas Dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara pada Minggu (17/6/2018).
Ilham Budhiman | 17 Juni 2018 15:17 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) menggendong seorang anak sambil berbicang dengan pemudik gratis bersepeda motor asal Jakarta yang baru turun dari KM Sabuk Nusantara 80, di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). - ANTARA/R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi masih menemukan pelanggaran Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayaran saat meninjau aktivitas Dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara pada Minggu (17/6/2018).

Dermaga Kali Adem memang ramai dikunjungi para wisatawan terutama saat musim libur Lebaran 2018 lantaran menjadi salah satu pintu wisatawan menuju beberapa pulau di Kepulauan Seribu menggunakan kapal laut.

“Hari ini saya memastikan bahwa keselamatan itu harus menjadi satu yang utama. Yang paling sederhana adalah dua, pertama kapasitas, yang kedua adalah life jacket,” kata Menhub Budi melalui keterangan resminya, Minggu (17/6/2018).

Menhub pun meminta Kepala Kantor Syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Muara Angke untuk memperhatikan kapasitas penumpang dalam kapal agar tidak berlebihan (over).

“Jadi kalau kapasitas lebih harus ada yang diturunkan, yang kedua kalau kurang life jacketnya diturunkan juga. Keselamatan itu adalah keharusan, para operator, syahbandar dan pengelola pelabuhan harus taat pada SOP,” ujarnya.

Menhub juga akan menambahkan personil yang akan ditempatkan di Dermaga Kali Adem untuk membantu mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Saya akan minta Dirjen Perhubungan Laut untuk menambahkan personil Basarnas di sini. Kedua, kita akan siapkan kapal-kapal cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. karena satu hari disini mencapai 4 ribu penumpang yang jalan ke pulau-pulau dengan menggunakan kapal,” paparnya.

Terkait dengan fasilitas pelabuhan, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Pemerintah DKI Jakarta untuk memperluas kawasan itu seiring dengan lonjakan penumpang yang semakin banyak.

“Saya akan koordinasi dengan Pemda DKI karena ini kapasitas mereka. Saya akan usulkan kepada Pemda DKI untuk diperbesar pelabuhannya karena khususnya pada saat Lebaran dan Sabtu-Minggu ini penumpangnya banyak,” ujar Menhub.

Dalam kunjungannya, Menhub juga menyempatkan berbicara dengan penumpang kapal serta memberikan life jacket kepada awak kapal, yang bertujuan agar awak kapal dapat memberi contoh dan mengingatkan penumpang untuk selalu menggunakan life jacket demi keselamatan.

Tag : kemenhub, budi karya sumadi
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top