Grab Luncurkan Aplikasi Ayo Mudik

Grab, platform penyedia layanan transportasi on-demand dan pembayaran mobile, meluncurkan aplikasi Ayo Mudik untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H.
Annisa Sulistyo Rini | 13 Juni 2018 06:04 WIB
Grab - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA--Grab, platform penyedia layanan transportasi on-demand dan pembayaran mobile, meluncurkan aplikasi Ayo Mudik untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Aplikasi ini bertujuan memudahkan masyarakat Indonesia yang hendak bepergian ke kampung halamannya selama periode mudik lebaran tahun ini. Aplikasi Ayo Mudik dikembangkan oleh Kudo, sebuah perusahaan rintisan berbasis teknologi yang merupakan bagian dari keluarga besar Grab.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia mengatakan Idul Fitri merupakan salah satu momentum terpenting di Indonesia, karena mayoritas masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik ke tanah kelahirannya.

Salah satu hal terpenting yang dibutuhkan oleh para pemudik adalah ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik.

"Selama ini, akses informasi lengkap untuk mudik masih sulit untuk diperoleh karena tidak terintegrasi dengan baik dan hal tersebut yang mendasari ide diluncurkannya kembali aplikasi Ayo Mudik dalam menyambut periode mudik lebaran tahun ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (13/6/2018).

Aplikasi Ayo Mudik menyajikan informasi tempat atau lokasi yang dibutuhkan oleh pemudik selama melakukan perjalanannya. Aplikasi ini berbasis peta yang dapat menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidentil dari berbagai mitra yang ada.

Para pemudik akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh berbagai  informasi seperti lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana serta info lalu lintas terkini.

Peluncuran aplikasi Ayo Mudik juga merupakan dukungan Grab dan Kudo kepada program  Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Perhubungan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia dan memfasilitasi para pemudik dengan informasi mudik yang terpadu.

Beragam informasi yang dapat diakses melalui aplikasi ini juga merupakan hasil kerja sama dengan berbagai mitra dari Kementerian Indonesia, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian RI, operator telekomunikasi, perusahaan penyedia jasa dan produk internet dan lainnya.

“Peluncuran kembali aplikasi Ayo Mudik dalam menyambut periode mudik lebaran tahun ini merupakan inisiatif terakhir yang kami jalankan untuk mendukung mobilitas masyarakat Indonesia selama perjalanan mereka ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri," lanjut Ridzki.

Aplikasi Ayo Mudik tersedia di Google PlayStore dan siap diunduh oleh para pemudik agar perjalanan mudik lebih menjadi aman dan nyaman. Jika ada pertanyaan dan masukan mengenai aplikasi Ayo Mudik, dapat mengirimkan email ke ayomudik@kudo.co.id.

Selain menggunakan Ayo Mudik, pengguna Grab juga dapat mengakses informasi seputar perjalanan mudik seperti lokasi pom bensin, ATM, bengkel dan rumah sakit langsung di aplikasi Grab melalui fitur GrabDaily. 

Adapun, untuk mendukung mitra pengemudi Grab yang turut menjalankan rutinitas mudik di lebaran tahun ini, Grab meluncurkan fitur ‘Multi-City’ di kota-kota terpilih di Indonesia mulai hari ini.

Fitur ini dirancang untuk membantu mitra pengemudi GrabCar di kota-kota terpilih yang ingin menerima pemesanan layanan Grab di berbagai kota saat mereka kembali ke kampung halaman mereka selama 2 minggu pada periode mudik lebaran tahun ini.

Fitur ini merupakan pengembangan terbaru dari Grab karena sebelumnya, pengemudi tidak dapat menerima pemesanan layanan Grab di luar kota di mana mereka terdaftar.

Dengan fitur ‘Multi-City’, mitra pengemudi GrabCar akan diinformasikan bahwa mereka dapat menerima pemesanan layanan Grab dan akan memiliki fleksibilitas untuk menerima pesanan dan mendapatkan penghasilan sembari menghabiskan waktu bersama keluarga di kampung halaman mereka. 

“Kami sangat antusias untuk mengumumkan fitur Multi-City ini untuk membantu mitra pengemudi kami yang ingin tetap mendapatkan penghasilan saat mereka mudik ke kampung halaman," ujar Ridzki.

 

Tag : Grab Taxi, Mudik Lebaran 2018
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top