Kerja Sama Codeshare Garuda-Sriwijaya Berkontribusi Positif ke Pelanggan

Sriwijaya Air Group menilai kerja sama codeshare dengan Garuda Indonesia Group akan menjadi catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia.
Rio Sandy Pradana | 16 Mei 2018 17:41 WIB
Penumpang tiba di Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, Jumat (4/5/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, TANGERANG -- Sriwijaya Air Group menilai kerja sama codeshare dengan Garuda Indonesia Group akan menjadi catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia.

Direktur Utama Sriwijawa Group Chandra Lie beralasan sinergi tersebut telah menyatukan dua kekuatan maskapai besar nasional.

"Komitmen kerjasama dalam pelayanan ini diharapkan akan membawa kontribusi positif untuk kemajuan transportasi udara di Indonesia dan mengedepankan kepentingan pelanggan," kata Chandra, Rabu (16/5/2018).

Dia menambahkan pelanggan akan memiliki banyak pilihan rute penerbangan di seluruh Indonesia. Menurutnya, kolaborasi tersebut diperlukan agar maskapai nasional semakin kuat dan mampu bersaing dengan maskapai asing.

Detil kerja sama, pertama, pada rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai. Contohnya, dalam satu rute penerbangan bisa dioperasikan oleh Garuda dan dipasarkan Sriwijaya, atau sebaliknya.

Kedua, kerja sama dengan mengkombinasikan rute penerbangan yang dimiliki oleh kedua maskapai. Contohnya, rute Jakarta - Sampit via Semarang, Jakarta - Semarang dioperasikan oleh Garuda, sedangkan Semarang - Sampit dioperasikan oleh Sriwijaya.

Ketiga, Garuda Indonesia atau Citilink akan menempatkan nomor penerbangan (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Sriwijaya/NAM Air atau sebaliknya.

Saat ini Sriwijaya Air Group mengoperasikan 56 pesawat yang terdiri dari Boeing 737 900ER, 737-800 NG, 737-300, 737-500 dan ATR 72 600. Hingga 2018, Sriwijaya Air Group memiliki 64 rute penerbangan domestik dan regional.

Tag : garuda indonesia
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top