Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sejumlah Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Dipindah Bertahap ke BIJB Kertajati

Kementerian Perhubungan akan memindahkan sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, secara bertahap.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 04 April 2018  |  18:12 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  meninjau pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Rabu (4/4/2018). Dia memerinci pembangunan sisi darat sudah sebesar 92%, sedangkan sisi udara sudah tuntas atau 100%. - Bisnis/Rio Sandy Pradana
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Rabu (4/4/2018). Dia memerinci pembangunan sisi darat sudah sebesar 92%, sedangkan sisi udara sudah tuntas atau 100%. - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, MAJALENGKA--Kementerian Perhubungan akan memindahkan sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, secara bertahap.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 69/2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional, pembangunan BIJB adalah sebagai pengalihfungsian Bandara Husein Sastranegara yang pergerakan penumpangnya sudah hampir mencapai kapasitas maksimal.

Saat ini terdapat 3 juta pergerakan penumpang per tahun. Pemindahan penerbangan sudah pasti dilakukan, karena dari sisi kemanan Bandara Husein Sastranegara sudah tidak dapat menampung pesawat lagi.

"Khusus yang berbadan lebar akan di sini [BIJB], untuk narrow body sementara masih di sana, perpindahan [akan dilakukan] pelan-pelan," kata Agus, Rabu (4/4/2018).

Dia menambahkan aspek keamanan lain yang membuat penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara harus dipindah, karena landasan pacu (runway) tidak bisa diperpanjang lagi. Terdapat halangan (obstacle) berupa bukit bernama Gunung Bohong yang berisiko mempengaruhi tingkat keamanan.

Perpindahan tersebut, imbuhnya, akan menunggu pembangunan Jalan Tol Cileunyi- Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) rampung. Jalan tol tersebut bisa menjadi akses jalan menuju BIJB dari wilayah intraprovinsi Jawa Barat.

"Saat ini sedang dibangun, kami harap teman-teman dari Kementerian PUPR bisa mempercepat pengerjaannya. Kalau menggunakan jalan existing masih sulit," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara husein sastranegara bijb
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top