Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Darmin: Impor Jelang Puasa Hal Biasa

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan keputusan impor pangan, termasuk beras dan daging sapi, menjelang Ramadan dan Idulfitri merupakan suatu hal yang biasa serta sesuai amanat Presiden Joko Widodo.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 Maret 2018  |  06:33 WIB
Rumah pemotongan hewan, di Karawaci, Minggu (19/6). - JIBI/Deliana Pradhita Sari
Rumah pemotongan hewan, di Karawaci, Minggu (19/6). - JIBI/Deliana Pradhita Sari

Bisnis.com, JAKARTA -- Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan keputusan impor pangan, termasuk beras dan daging sapi, menjelang Ramadan dan Idulfitri merupakan suatu hal yang biasa serta sesuai amanat Presiden Joko Widodo.

"Kalau beras dan daging, Presiden sudah minta untuk dijaga betul. Tetapi, itu biasa saja tidak ada yang khusus," ujarnya saat ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Rabu (28/3/2018) malam.

Menurut Darmin, impor daging sejatinya hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan Jabodetabek. Sementara itu, daerah lain telah tercukupi dengan stok yang ada.

Surabaya misalnya, disebut sebagai daerah yang tidak membutuhkan impor daging.

Adapun keputusan untuk mengimpor jenis daging beku merupakan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk beras, Darmin mengaku masih melihat kondisi pasca panen untuk memenuhi kebutuhan konsumsi.

"Beras masih belum [rencana tambahan impor]. Kami mau lihat betul kondisi panen seperti apa. Impor masih 500.000 ton," paparnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberi peluang untuk membuka keran impor daging sapi dalam menghadapi lonjakan permintaan saat Ramadan dan Idulfitri. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menuturkan daging sapi tersebut direncanakan didatangkan dari Brazil dan Australia.

Saat ini, proses impor daging sapi dari Brazil masih dalam tahapan pemeriksaan kesehatan dan standarisasi halal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor daging sapi
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top