Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Indonesia Pasok Bahan Bangunan ke Qatar

Pelaku usaha Indonesia memasok bahan bangunan memenuhi permintaan pasar Qatar akibat blokade ekonomi yang dilakukan negara-negara tetangganya.
Qatar/Reuters
Qatar/Reuters

Bisnis.com, LONDON - Pelaku usaha Indonesia memasok bahan bangunan memenuhi permintaan pasar Qatar akibat blokade ekonomi yang dilakukan negara-negara tetangganya.

Hal itu disampaikan Mantan Duta Besar Indonesia untuk Qatar Dedi Saiful Hadi usai mengadakan pertemuan usaha dengan Wakil Ketua Kadin Qatar, Mohamed bin Towar al-Kuwari, AlJaber Engineering, Pejabat Al Faisal Holding, Qatar Business Association (QBA), demikian Minister Counselor KBRI Doha, Boy Dharmawan, di London, Selasa (6/3/2018).

Qatar tengah memulai berbagai proyek konstruksi mempersiapkan diri guna menghadapi kejuaraan Piala Dunia 2022. Kebutuhan bahan bangunan sangat besar di Qatar.

"Kami ingin memanfaatkan peluang pasar ini. Memasok kebutuhan bahan bangunan dari Indonesia ke Qatar akan lebih mudah jika jalur pelayaran langsung antarkedua negara sudah aktif," ujar Deddy.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari kunjungan delegasi yang dipimpin Deddy Saiful Hadi ke Qatar, pada 3-6 Maret ini guna menindaklanjuti kerja sama setelah Indonesia dan Qatar menandatangani lima nota kesepahaman saat Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani berkunjung ke Indonesia Oktober tahun lalu.

Deddy berupaya untuk memaksimalkan peluang usaha setelah Qatar diblokade.

"Kami bertemu dengan pejabat Qatar Chamber dan AlJaber Engineering untuk membahas peluang bisnis di kedua negara. Perundingan membuahkan hasil dan pelaku usaha kedua negara diharapkan bekerja sama dalam sektor real estat dan konstruksi," ujar Dubes Indonesia untuk Qatar periode 2012-2016 itu.

Delegasi itu juga memaksimakan peluang sektor pangan.

"Indonesia kaya akan produk makanan dan Qatar ingin memastikan persediaan kebutuhan pokoknya memadai. Dalam situasi seperti ini, kedua negara dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan ini," ujar konsultan pada Qatari Indonesian Business Council ini.

Selain itu, kerja sama yang sedang diupayakan adalah sektor kesehatan mengingat Indonesia unggul dalam sektor tersebut. Delegasi melakukan pertemuan dengan pejabat Hamad Medical Corporation dan Sidra Hospital untuk merealisasikan upaya kerja sama.

Delegasi itu juga menawarkan peluang investasi sektor pariwisata, real estate, pertambangan, ketahanan pangan dan sektor lainnya.

"Indonesia kaya akan sumber daya alam dan ada peluang investasi sektor seperti pariwisata, real estat, pertambangan, ketahanan pangan, dan sektor lainnya," ujar Deddy.

Dalam kunjungan berlangsung sejak tanggal 3 hingga 6 Maret itu, delegasi usaha melakukan pertemuan antara lain dengan Chairman Al Faisal Holding, Qatar Business Association (QBA), Sidra hospital, Hamad Hospital, Qatar Charity, Kamar Dagang dan Industri Qatar, Qatar Foundation.

Pertemuan juga membahas kerjasama yang mencakup kesehatan, riset, investasi, infrastruktur perkeretaapian, jalan tol, revitalisasi kota dan perumahan dan peralatan asesoris militer.

Sementara itu, Dubes RI untuk Qatar Marsekal Madya (Purn) Muhammad Basri Sidehabi menyampaikan apresiasinya dengan keberhasilan kunjungan delegasi yang dipimpin Deddy guna meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Ia juga menyampaikan apresiasinya atas kontribusinya meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper