Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Krisis Ayam, KFC Sekarang Kekurangan Pasokan Saus

Pengelola merek-merek resto ternama dunia, Yum Brands, menyatakan telah membuka kembali sejumlah restoran KFC di Inggris yang sempat ditutup akibat kekurangan pasokan ayam.
KFC/Istimewa
KFC/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pengelola merek-merek resto ternama dunia, Yum Brands, menyatakan telah membuka kembali sejumlah restoran KFC di Inggris yang sempat ditutup akibat kekurangan pasokan ayam.

Restoran tersebut mulai menyajikan menu-menu terbatas akibat terdampak masalah kekurangan suplai ayam. Namun belum usai masalah ini, KFC sekarang dihadapkan dengan permasalahan kekurangan pasokan saus.

Krisis ayam di pasar Inggris, yang berkontribusi sekitar 3% dari penjualan sistem global Yum Brands pada tahun 2017, tersebut muncul saat perputaran bisnis pada jaringan restoran ayam goreng itu terus berjalan.

KFC, yang memiliki 900 restoran di Inggris Raya dan Irlandia, mengalihkan kontrak pengirimannya dari Bidvest Logistics ke DHL pada 14 Februari. Tak lama kemudian, jaringan tersebut menutup ratusan restorannya di wilayah ini karena permasalahan pengiriman dari pihak DHL.

Juru bicara Yum Brands pada Rabu (28/2) mengatakan 97% restoran KFC di kawasan telah dibuka, namun kali ini mengalami gangguan pasokan saus. Juru bicara tersebut tidak segera berkomentar mengenai dampak finansial penutupan tersebut.

“Karena tantangan distribusi DHL yang terus berlanjut, beberapa restoran terus menyajikan menu-menu terbatas,” kata seorang juru bicara, seperti dikutip CNBC. “Kami bekerja sekuat tenaga untuk menyelesaikannya. Kami tahu bahwa saus kami menjadi favorit.”

Jaringan KFC telah meminta maaf kepada para pelanggannya, dengan merilis iklan di surat kabar yang menampilkan gambar sebuah bucket ayam, dengan huruf logo KFC yang disusun ulang menjadi “FCK” dan tulisan berbunyi: "KAMI MOHON MAAF. Restoran ayam tanpa ayam. Ini tidak bagus … Terima kasih untuk pengertian Anda.”

Iklan ini menarik pengguna Twitter di Inggris dan Irlandia untuk mengklik #WheresMyChicken agar menemukan restoran KFC terdekat yang telah dibuka.

Sebuah unggahan Twitter untuk polisi di Whitefield, Manchester, menuliskan “Bagi mereka yang menghubungi Polisi tentang KFC yang kehabisan stok ayam ... tolong BERHENTI. Situs web mereka mengatakan bahwa toko di Prestwich sekarang terbuka jika Anda ingin mengikuti empat mobil polisi. melalui drive thru.”

Di tempat lain, seorang pengguna Twitter mengunggah sebuah video dua pria dengan seragam KFC yang membeli ayam di sebuah supermarket.

Dalam video tersebut, ketika seorang pria di luar kamera bertanya kepada para pekerja tentang pembelian tersebut, seseorang menjawab: “Ayam adalah ayam, Anda tahu ... Pada akhirnya, Anda masih mendapatkan ayam KFC.”

Saham Yum, yang mereknya dikenal secara kreatif melibatkan pelanggan media sosial, dilaporkan naik 2,7% menjadi US$82,32 pada midday trading.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper