Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Manajemen Tata Ruang untuk Investasi Jangan Didikte Kemauan Pasar

Pemerintah diminta untuk mengedepankan tata ruang untuk pengembangan investasi.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 06 Februari 2018  |  08:42 WIB
Ilustrasi - Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan pabrik di Cibinong, Jawa Barat. - JIBI/Nurul Hidayat
Ilustrasi - Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan pabrik di Cibinong, Jawa Barat. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah diminta untuk mengedepankan tata ruang untuk pengembangan investasi. Pasalnya tata ruang menjadi salah satu penjamin investasi yang berkelanjutan di Tanah Air.

Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Bernardus Djonoputro mengatakan, jika pengembangan wilayah dilakukan berdasarkan tata ruang maka investasi akan berjalan dengan baik.

"Sekarang tata ruang dinilai menghambat. Ini cara berpikir yang keliru seharusnya tata ruang dijadikan pedoman untuk investasi," ujarnya kepada Bisnis, Senin (5/2/2018) malam.

Menurutnya, banyak pelaku swasta mengamati tata ruang sebelum masuk berinvestasi. Oleh karena itu, pemerintah sebelum menawarkan investasi harus memastikan penggunaan lahan sesuai dengan tata ruang yang berlaku.

Dia menuturkan, pengaturan tata ruang tidak boleh mengikuti kemauan pasar semata, tetapi harus mampu mendorong iklim investasi yang kondusif dengan mengarahkan kegiatan investasi agar menempati ruang yang sesuai dengan prinsip keberlanjutan pembangunan.

"Banyak penyelewengan tata ruang karena penegarakan hukum tingkat pemda tidak transparan, ada pemutihan sana sini untuk kepentingan pasar," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi tata ruang ikatan ahli perencanaan indonesia (iap)
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top