Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tanggapan Menhub Terkait Pilot Pakai Narkoba

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan sikap tegas Kementrian Perhubungan terkait kasus Kristianto, pilot maskapai Citilink yang tertangkap sidak terindikasi menggunakan morfin di Bandara Hang Danim, Batam, Jumat (22/12) lalu.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/Ali Rizqi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/Ali Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan sikap tegas Kementrian Perhubungan terkait kasus Kristianto, pilot maskapai Citilink yang tertangkap sidak terindikasi menggunakan morfin di Bandara Hang Danim, Batam, Jumat (22/12) lalu.

Budi menyatakan bakal memberikan sanksi yang sesuai bila yang bersangkutan terbukti mengonsumsi morfin. Bahkan, bukan tidak mungkin bagi pihaknya nanti untuk mencabut izin terbang Kristianto.

"Apabila dia terbukti positif menggunakan itu (morfin), tidak ada jalan yang lain kecuali kita mencabut sertifikat dia sebagai penerbang," ujar Budi usai menghadiri 'Dialog dan Pemberian Apresiasi kepada Pelaku Transportasi yang turut mendukung dalam Pelaksanaan Angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018' di Museum Kereta Api Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/12/2017).

Terkait masalah pidana, Budi mengaku Kemenhub menyerahkan seluruhnya kepada yang berwajib.

Selain itu, pihaknya akan melaksanakan evaluasi terhadap Citilink, terutama dalam bagaimana maskapai yang menaungi Kristianto tersebut melakukan pembinaan kepada setiap pilotnya. Dirinya juga mengaku telah berkoordinasi dengan Budi Waseso selaku kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat untuk langkah-langkah kedepan, termasuk mencegah kejadian serupa terulang.

"Kita akan membuat konsep yang mungkin pernah dilakukan negara-negara maju. Karena menurut beberapa info, gejala pilot menggunakan sabu ini tidak hanya di Indonesia. Kita akan adakan kajian dan pengamatan terhadap lifestyle pilot itu," sambung Budi.

Sembari menunggu pembuktian, Budi menuturkan Kemenhub akan memberikan skorsing kepada Kristianto berupa larangan sementara mengudara. "Proses pembuktian tidak akan lama," tandas Budi.

Sebagaimana diberitakan, Polda Kepri mengamankan seorang pilot maskapai Citilink karena terindikasi menggunakan narkoba sewaktu sidak pengamanan bandara Hang Danim Batam, Jumat lalu. Sidak tersebut dilakukan sebagai bagian dari Operasi Lilin Seligi 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper