Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bidik Pasar Timteng dan Afrika, Indonesia Dirikan Perwakilan SMEXINDO-Induk UMKM di Bahrain

Duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain, Nur Syahrir Rahardjo meresmikan kantor perwakilan SMEXINDO-Induk UMKM Indonesia di Manama, Bahrain.
Ilustrasi/ANTARA
Ilustrasi/ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Duta besar luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain, Nur Syahrir Rahardjo meresmikan kantor perwakilan  SMEXINDO-Induk UMKM Indonesia di Manama, Bahrain.

Tujuan kantor ini untuk memudahkan pemasaran produk-produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia ke pasar Timur Tengah dan Afrika Utara dengan Bahrain sebagai pintu masuk utama (hub). 

Keberadaan kantor perwakilan SMEXINDO-Induk UMKM Indonesia di Bahrain nantinya dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai komoditi maupun produk-produk yang dibuat di Indonesia serta produk-produk yang dibutuhkan di wilayah tersebut sehingga dapat terwujud perdagangan yang lebih  baik bagi Indonesia dan saling menguntungkan dengan negara-negara di kawasan tersebut.

Kantor perwakilan ini bagian dari kerjasama antara SMEXINDO-Induk UMKM Indonesia dengan mitranya, SRAM & MRAM Resources Company WLL, konglomerat International dengan kantor di 5 benua dan 12 negara, Exelon Solutions dan KHK Holdings Company. 

"Pembukaan kantor perwakilan ini diharapkan dapat membantu perkembangan sektor UKM di Indonesia dengan semakin mudahnya melakukan penetrasi pasar di kawasan ini," ujar Duta Besar Nur Syahrir Rahardjo, dalam siaran persnya, Kamis (9/11/2017).

Di samping itu akan membantu peningkatan hubungan perdagangan bilateral antara kedua negara dan persaudaraan, Indonesia dan Bahrain.

Menurutnya, data pada Kementerian Perdagangan Indonesia, pada periode Januari sampai Agustus 2017, perdagangan bilateral antara Indonesia dan Bahrain mencapai US$150,8 juta. Meski demikian, dari angka tersebut Indonesia mengalami defisit perdagangan sebesar US$87,4 juta. 

“Saya berharap dengan dibukanya kantor perwakilan dan tampilan produk Smexindo di Bahrain, akan meningkatkan ekspor dari Indonesia ke Bahrain dan juga semakin menstimulasi kesadaran masyarakat Bahrain terhadap Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Rika Ayuna, Managing Director, SMEXINDO menjelaskan  kantor perwakilan SMEXINDO-Induk UMKM Indonesia, di Bahrain ini dapat membantu pemerintah Indonesia meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus serta neraca perdagangan, terutama dengan Negara-negara Timur Tengah, Teluk dan Afrika Utara.

“Dengan terbukannya pasar ke Timur Tengah dan Afrika Utara ini maka Indonesia perlu makin memperkuat sektor UKM dan meningkatkan kualitas serta kemampuan berkompetisi, untuk itu peran swasta dan pemerintah sangat diperlukan,” paparnya.

Samsul Hadi, Ketua Dewan Penasehat dan pendiri Induk UMKM Indonesia - SMEXINDO, mengatakan  saat ini UKM telah berada di garis depan pertumbuhan Industri di Indonesia.

"’Karena itu pembukaan Kantor Perwakilan Induk UMKM Indonesia-SMEXINDO ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pasar yang berkembang di Timur Tengah dan Afrika Utara, sekaligus mampu membantu percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui ekspor produk-produk UKM Indonesia," jelasnya.

Sementara itu,  Direktur SRAM & MRAM Sailash Lachu Hiranandani mengatakan, “SMEXINDO -Induk UMKM Indonesia perlu berperan sebagai jembatan yang dapat memberikan panduan mengenai advokasi kebijakan dan menciptakan lingkungan bisnis yang kompetitif sehingga menciptakan pengusaha generasi berikutnya yang siap untuk maju ke pasar internasional,” jelasnya.

Mohammed Mansoor, Managing Director Exelon Solutions yang juga direktur SRAM, menjelaskan bahwa pusat pertumbuhan apapun adalah sektor UKM. Tanpa focus yang tepat, bisnis akan merosot dan menyebabkan penurunan drastis dalam pertumbuhan industri. 

"SMEXINDO – Induk UMKM Indonesia  dapat menyediakan pintu gerbang bagi UKM Indonesia untuk menghadapi tantangan lingkungan global yang kompetitif,” ujar Mansoor. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper