Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SNJ Lebarkan Sayap ke Bisnis Rental Cold Storage

PT Suri Nusantara Jaya (SNJ) memperluas usahanya ke lini penyewaan rantai pendingin menyusul pembangunan cold storage berkapasitas 30.000 ton.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 01 Oktober 2017  |  21:05 WIB
Ilustrasi ruang pendingin atau cold storage. - Bloomberg/Aidan Crawley
Ilustrasi ruang pendingin atau cold storage. - Bloomberg/Aidan Crawley

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Suri Nusantara Jaya (SNJ) memperluas usahanya ke lini penyewaan rantai pendingin menyusul pembangunan cold storage berkapasitas 30.000 ton.

Komisaris Utama SNJ Diana Dewi mengatakan cold storage anyar di Kawasan Industri Delta Silicon 8 Cikarang, itu merupakan fasilitas ketiga yang dibangun perusahaan. Adapun fasilitas pertama dan kedua yang terletak di Pondok Rangon dan Kranggan dengan kapasitas masing-masing 2.000 ton dan 200 ton selama ini dipakai sendiri.

Selain sebagi importir daging sapi dan kerbau, SNJ selama ini menjalankan bisnis distribusi dengan membuka enam cabang minishop bernama Toko Daging Nusantara, jasa katering, logistik dan forwarder, pendidikan, serta kesehatan.

"Banyak perusahaan daging yang belum punya cold storage sendiri. Kami coba mengisi kekosongan itu," kata Diana seusai acara Grand Opening Cold Storage SNJ, Minggu (1/10/2017).

Menurut dia, peluang bisnis cold storage di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih terbuka lebar mengingat kebutuhan penyimpanan pascapanen yang tinggi. Diana memberi contoh, ayam potong misalnya, harus dipanen setelah usianya 35 hari. Jika tidak, perusahaan peternakan akan terus-menerus mengeluarkan biaya pakan. Saat itulah, fasilitas pascapanen seperti cold storage dibutuhkan.

Diana enggan menyebutkan nilai investasi cold storage baru. Namun, SNJ berani bersaing dengan membanderol biaya rental Rp16 per kg per hari, sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN). Adapun menurut Diana, biaya sewa di luaran mencapai Rp17 per kg per hari. SNJ pun menjanjikan sistem pelayanan yang baik. Dalam arti, customer yang menyewa lebih dulu akan mendapatkan pelayanan lebih dulu.

Sejak disewakan mulai April, okupansi cold storage sudah 27.000 ton. Beberapa perusahaan yang menyewa a.l. perusahaan ayam potong dan ayam olahan Charoen Pokphand, perusahaan es krim Aice Ice Cream, dan Bulog. Dalam waktu dekat, okupansi akan 100% karena beberapa calon penyewa telah melakukan reservasi.

Diana menyebutkan 80% dari okupansi diisi oleh daging sapi dan kerbau, sedangkan 20% sisanya digunakan untuk menyimpan es krim dan ayam potong.

SNJ berencana mengoperasikan cold storage keempat pada Januari 2018 dengan kapasitas yang sama di Kawasan Delta Silicon 8. Diana menyebutkan, dalam bisnis distribusi daging nasional sebanyak 115.000 ton, SNJ merebut pangsa 10%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cold storage
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top