Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPR Subsidi: 3 Bank Pembangunan Daerah Ini Dilibatkan

Perluasan akses pembiayaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR melalui BPD akan mendorong lebih optimal pemenuhan rumah rakyat di daerah.
Rumah Bersubsidi/Bisnis
Rumah Bersubsidi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) kembali menandatangani nota kesepahaman dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta untuk mendukung pembiayaan Program Sejuta Rumah.

Direktur Utama PT SMF Ananta Wiyogo mengatakan perluasan akses pembiayaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR melalui BPD akan mendorong lebih optimal pemenuhan rumah rakyat di daerah.

“BPD lebih mengenal karakteristik masyarakat di daerah masing-masing dan ini juga sekaligus menjadi jalan untuk transformasi dan peningkatan kapasitas BPD dalam penyaluran kredit rumah,” katanya melalui siaran pers, Kamis (7/9/2017).

BPD juga bisa lebih dinamis menjalin kerja sama pembiayaan perumahan dengan PNS dan BUMD di daerahnya. SMF juga telah menerbitkan SOP penyaluran KPR dan kredit modal kerja-konstruksi (KMK-KP SMF) untuk 25 BPD di seluruh Indonesia. Dengan SOP itu ada standarisasi produk KPR BPD yang memudahkan penyalurannya kepada masyarakat.

Hingga saat ini sekuritisasi dan pembiayaan yang telah disalurkan SMF untuk lembaga keuangan yang menyalurkan kredit rumah baik bank maupun lembaga pembiayaan, mencapai Rp32,64 triliun per 30 Juni 2017.

Porsi dari sekuritisasi aset mencapai Rp8,15 triliun, berupa penyaluran pinjaman Rp24,488 triliun. Sebesar Rp2,04 triliun disalurkan melalui BPD-BPD. Total dana SMF membiayai sebanyak 672.109 unit rumah dari Aceh hingga Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper