Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Moyo Utara Siap Manjakan Wisman dan Peserta Sail Indonesia 2017

Lebih dari 50 yacht internasional dipastikan singgah di Pulau Sumbawa dalam rangkaian Sail Indonesia 2017
Ilustrasi./.Antara-Kornelis Kaha
Ilustrasi./.Antara-Kornelis Kaha

Bisnis.com, JAKARTA—Lebih dari 50 yacht internasional dipastikan singgah di Pulau Sumbawa dalam rangkaian Sail Indonesia 2017.

Menyambut kehadiran para yachter internasional tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan “Festival Moyo Utara 2017” pada 28-31 Agustus 2017. 

Bupati Sumbawa Husni Djibril mengatakan Festival Moyo Utara 2017 merupakan kegiatan untuk menyambut “Festival Pesona Moyo” yang akan dilaksanakan mulai 10 September- 9 Oktober 2017.

“Ácara ini juga sebagai rangkaian acara festival pendukung dari kegiatan Bulan Pesona Lombok-Sumba,” ujar Husni, mengutip keterangan resminya, Senin (28/8/2017).

Pulau Moyo adalah  pulau yang terdapat 2,5 kilometer di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau dengan luas 350 km2 ini memiliki garis pantai sepanjang 88 kilometer. 

Pulau Moyo yang terletak di Teluk Saleh memiliki cagar alam taman nasional Pulau Moyo dan berada beberapa kilometer dari pantai utara. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat hewan mulai dari biawak, 21 jenis kelelawar, rusa liar dan juga terdapat kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, hiu dan kura-kura.  

Husni mengungkapkan setibanya di Pantai Gowa pada 28 Agustus, para yachter dan wisatawan akan langsung diajak keliling kota ke Istana Tua yang merupakan museum bersejarah di Pulau Moyo.

Selanjutnya pada sore hari akan digelar pembukaan Festival Moyo Utara yang dilanjutkan dengan Parade Karnaval Jaran Main (Kuda Pacuan) dan Sumbawa Ethnic Fashion Carnival. 

Keesokan harinya akan digelar lomba balap kerbau dan tur ke Desa Batu Alang. Di desa tersebut, wisatawan akan diajak ikut membuat “Nasi Bambu” sambil disuguhi tarian etnik Pulau Moyo. 

Di hari ketiga, wisatawan akan diajak menyaksikan salah satu tarian khas Moyo Utara, Karaci. Serta mereka akan dimanjakan dengan pameran kuliber dan industri kreatif Moyo Utara. 

“Disini wisatawan dapat menikmati kuliner khas Pulau Moyo dan berbagai souvenir. Setelahnya juga akan ada Festival Perahu,” tambahnya.

Sementara di hari terakhir, wisatawan akan diajak mengunjungi area konservasi Sumbawa Biodiversity di Ai Lemak Tanjung Munangis. 

Pada tahun 2015, jumlah wisatawan mancanegara dan nusantara ke NTB mencapai angka 2.549.704 dan mengalami peningkatan di tahun 2016 yang mencapai angka 3 juta orang. pada tahun ini pemerintah menargetkan kunjungan hingga 4 juta untuk wisatawan nusantara dan mancanegara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper