Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tujuan Menteri Jonan Berkunjung ke Amerika Serikat

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengunjungi Amerika Serikat untuk meningkatkan penanaman modal dari perusahaan asal Negeri Paman Sam di sektor ESDM.
Menteri ESDM Ignasius Jonan berbicara pada seminar Powering Indonesia 2017, di Jakarta, Rabu (1/7)./JIBI-Dedi Gunawan
Menteri ESDM Ignasius Jonan berbicara pada seminar Powering Indonesia 2017, di Jakarta, Rabu (1/7)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengunjungi Amerika Serikat untuk meningkatkan penanaman modal dari perusahaan asal Negeri Paman Sam di sektor ESDM.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan pihaknya menginginkan lebih banyak penanaman modal yang terealisasi. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan capaian investasi.

Dia menyebut perlu cara berbeda yakni dengan mengunjungi langsung kantor pusat, agar bisa menjelaskan lebih detail tentang iklim investasi dan sejumlah regulasi baru yang dikeluarkan.

"Kan kita pengennya investor masuk. Nah ini salah satu cara kita menjemput bola, menerangkan kepada investor bahwa sekarang itu iklim di Indonesia itu seperti apa," ujarnya di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Momentum promosi itu pun, tutur Arcandra, dimanfaatkan agar lebih banyak investor yang mengikuti lelang blok migas. Seperti diketahui, pemerintah menawarkan 15 blok migas sejak Mei 2017.

Sebanyak 15 blok migas yang ditawarkan dengan skema kontrak bagi hasil kotor atau gross split itu pun diperpanjang batas pengambilan dan pengembalian dokumen lelangnya dari semula Juli menjadi September. Tujuannya, sambil menanti regulasi baru yang mengatur perpajakan dalam skema gross split.

"WK (wilayah kerja) kita juga kan lagi di-bid round-kan," katanya.

Saat ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sedang melakukan kunjungan ke Amerika Serikat. Jonan menemui Chairman & Chief Executive Director Ryan M. Lance, President Asia Pasific & Middle EastBill Bullock, President & General Manager Indonesia Bij Agarwal.

Selain bertemu dengan petinggi ConocoPhillips, Jonan bertemu dengan President & CEO Baker Hughes, Lorenzo Simonelli.

Selanjutnya, kunjungan Jonan dijadwalkan bertemu President, Chevron North America Exploration and Production, Jeff Shellebarger dan President, Chevron Environmental Management Company Mary Boroughs di Kantor Pusat Chevron.

Hari berikutnya, Jonan diagendakan untuk melakukan pertemuan dengan CEO Freeport Richard Adkerson. Pertemuan pun disambung dengan petinggi ExxonMobil yakni Senior Vice President Exxon Mobil Corporation Mark W. Albers, President, ExxonMobil Production Company Neil W. Duffin, Regional Vice President, ExxonMobil Production Company Raymond E. Jones, President ExxonMobil Upstream Research Center Tom W. Schuessler, President ExxonMobil Indonesia Dan L. Wieczynski, dan Vice President Public and Government Affairs ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto.

Terakhir, Jonan akan mengunjungi Kantor Schlumberger yang akan dihadiri SVP Schlumberger Venture Fund Imran Kizilbash, Director of Enhanced Oil Recovery, EOR Omer Gurpinar, Measurements Manager Irlan Amir, Managing Director Indonesia Ronny Hendrawan dan Executive Communication Manager Samantha Martinez.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper