Melihat dari Dekat Pembangunan Pelabuhan Tol Laut Kenyamukan

Pembangunan pelabuhan tol laut di Kenyamukan, Sangatta Kabupaten Kutai Timur terus dikebut. Lokasinya tepat di tepi Selat Makassar, pertengahan antara Nunukan dan Balikpapapan. Rangkaian foto ini menggambarkan progres pembangunan calon pintu masuk komoditas domestik di Kalimantan Timur.
Abdul Rahman | 29 Juni 2017 17:03 WIB
Bisnis mengunjungi Pelabuhan Kenyamukan, Sangatta, Kalimantan Timur - JIBI/Abdul Rahman

Bisnis.com, SANGATTA—Pembangunan pelabuhan tol laut di Kenyamukan, Sangatta Kabupaten Kutai Timur terus dikebut. Lokasinya tepat di tepi Selat Makassar, pertengahan antara Nunukan dan Balikpapapan

Pelabuhan yang masuk dalam trayek nasional 8 ini digadang-gadang menjadi pintu masuk komoditas domestik di Provinsi Kalimantan Timur. 

Hasil pantauan langsung Bisnis di lokasi pada Kamis (29/6/2017) menunjukkan sejumlah fasilitas penunjang sudah mulai terbangun, di antaranya gudang penyimpanan ikan, pusat pelelangan ikan dan area parkir yang cukup luas. Selain itu sudah berdiri stasiun pengisian bahan bakar meskipun belum difungsikan. 

Pos jaga TNI Angkatan Laut juga sudah ada dan terletak di samping dermaga tradisional tempat tertambatnya kapal-kapal nelayan. Namun pos jaga tersebut masih semi permanen karena terbuat dari kayu dengan luas sekitar 3x4 meter. Karena belum dapat disandari kapal barang, lokasi pelabuhan dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berjualan makanan dan minuman. Pembelinya adalah masyarakat kutai Timur yang berwisata ke Pantai Kenyamukan.

Akses menuju lokasi ini sudah cukup baik. Jalanan sudah 100% beton. Dari pusat kota Sangatta, pelabuhan ini berjarak sekira 10 kilometer dan dapat dijangkau dengan waktu tempuh 10 menit.

Kementerian Perhubungan telah menetapkan Kenyamukan dalam rute nasional 8 yang terhubung dengan Surabaya, Makassar, dan Nunukan. 

Kami ajak Anda melihat lebih dekat ke Kenyamukan. Berikut rangkaian fotonya.

 

 

 

 

Tag : Tol Laut
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top