Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samurai Bonds: Tenor 7 Tahun Permintaan Investor

Penerbitan Surat Utang Negara dalam valuta asing asing berdenominasi yen Jepang atau bisa disebut Samurai Bond dengan tenor terlama yakni 7 tahun merupakan permintaan investor.

Bisnis.com, JAKARTA—Penerbitan Surat Utang Negara dalam valuta asing asing berdenominasi yen Jepang atau bisa disebut Samurai Bond dengan tenor terlama yakni 7 tahun merupakan permintaan investor.

Direktur Strategis dan Portofolio Utang Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Schneider Siahaan mengatakan keputusan itu merupakan permintaan dari investor.

“Pemerintah menerbitkan public offering SBN denominasi Yen tenor 7 tahun untuk memenuhi kebutuhan investor dan pengelolaan portfolio utang pemerintah. Kami menerbitkan tenor 7 tahun itu sesuai dengan permintaan mereka,”ujarnya, Selasa (6/6).

Sementara itu, dalam keterangan resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan disebutkan bahwa Surat Utang dalam valuta asing asing berdenominasi Yen Jepang (Samurai Bond) tersebut sebelumnya diterbitkan dengan format private placement. Dalam penerbitan samurai bond terbaru, Pemerintah memilih surat utang dalam format public offering. Hal itu merupakan yang pertama kalinya sejak ditetapkannya undang-undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara.

Schneider mengatakan penerbitan sutang dalam format public offering lantaran bisa menjangakau banyak investor.
“Kalau private placement itu kan hanya bisa menjual SBN ke investor yang qualified (terbatas) aja. Kalau public offering bisa untuk umum jadi bisa menjangkau lebih banyak investor,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper